Sholehah, Siti Daimatus (2022) Analisis Inovasi Produk Pakaian Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Usaha Penjahit Pakaian Di Desa Sukowono Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Daima watermark.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Daimatus Sholehah, Nurul Widyawati I.R,. S.Sos., M.Si, 2022: Analisis Inovasi Produk Pakaian Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Pada Usaha Penjahit Pakaian Di Desa Sukowono Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember
Menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut unuk mengerti dan memahami dinamika perubahan yang terjadi. Dalam mempertahankan keberlangsungan hidup usaha karena produk yang ada telah mengalami perubahan kebutuhan dan selera konsumen. Maka produk yang ditawarkan haruslah bervariasi dan memiliki keunikan. Inovasi produk merupakan kunci dari sebuah kesuksesan usaha yang dapat digunakan sebagai keunggulan bersaing. Dengan keunggulan bersaing dari berbagai aktivitas sebuah usaha dimaksudkan mendukung penciptaan kinerja perusahaan yang memiliki biaya rendah serta perbedaan dengan pesaingnya.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana inovasi produk pada usaha penjahit pakaian ? 2. Bagaimana mencapai keunggulan bersaing pada usaha penjahit pakaian ?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Mendekripsikan inovasi produk pakaian pada usaha penjahit pakaian. 2. Mendeskripsikan strategi mecapai keunggulan bersaing yang dilakukan pada usaha penjahit pakaian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji keabsahan data dan peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Inovasi produk pada usaha penjahit pakaian. Dalam melakukan inovasi produk pakaian usaha penjahit harus memperhatikan bagaimana konsumen merasa nyaman dalam pelayanan dan bisa memenuhi setiap keinginan dari konsumennya. Dengan beberapa indikator dari inovasi produk pakaian yaitu: kualitas produk, fitur atau varian produk dan desain dan rancangan produk. Pemilik usaha jahit sudah melakukan inovasi produk pakaian mereka dengan baik serta mengikuti pada perkembangan zaman. 2. Keunggulang bersaing pada usaha penjahit pakaian. Dalam mencapai keunggulan bersaing usaha, pemilik jasa jahit harus memiliki strategi yang dapat menarik perhatian konsumen serta dapat bertahan dengan usaha serupa. Pemilik usaha jahit sudah mencapai keunggulan bersaing dengan melakukan beberapa strategi yaitu: keunggulan biaya, diferensiasi dan fokus. Selain itu, untuk menjadi unggul dengan yang lain usaha jasa jahit ini memanfaatkan kerja sama dengan sebuah pondok pesanten yang ada di Jember.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Keunggulan bersaing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Daimatus Sholehah |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:49 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9556 |
Actions (login required)
View Item |