Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

HASANAH, KISAH FAJRIN (2022) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script pada Mata Pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
KISAH FAJRIN HASANAH_T20179018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pemberlajaran Cooperative Script, IPS
Mata pelajaran IPS masih saja sering menjadi pelajaran yang membosankan oleh siswa. Hal ini dikarenakan siswa merasa tidak senang dan bosan dengan pembelajaran yang dilakukan sehingga nilai siswa masih rendah, Dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script yang diterapkan di kelas VII SMP Plus Darus Sholah Jember dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan bisa membuat siswa berfikir kritis sehingga nilai siswa lebih baik, serta memberi rasa semangat dan antusias kepada siswa untuk mengikuti pelajaran IPS di kelas. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Coperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2021/2022 2) Untuk mendeksripsikan pelaksanaan model pelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeksripsikan evalusi model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) perencanaan model pembelajaran Cooperative Script di SMP Plus Darus Sholah Jember pada tahun 2021/2022 meliputi guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok berpasangan, guru membagi wacana atau materi untuk dibaca dan dibuat ringkasan dan guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan dan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar dalam penyelesaian pembelajaran Cooperative Script. 2) pelaksanaan model pembelajaran Cooperstive Script di SMP Plus Darus Sholah Jember pada tahun 2021/2022 meliputi Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya, siswa bertukar peran, yang semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, guru dan siswa melakukan kembali kegiatan seperti diatas . 3) evaluasi penggunaan model pembelajaran Cooperative Script di SMP Plus Darus Sholah Jember pada tahun 2021/2022 meliputi guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan materi pembelajaran, penutup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Kisah Fajrin Hasanah
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:04
Last Modified: 12 Jul 2022 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item