Faiqotul Mualifah, - (2020) Analisis Persepsi Santri Tentang Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Di Pondok Pesantren Al-Burhany Yasinat Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
Text
FAIQOTUL MUALIFAH_E20162062.pdf Download (1MB) |
Abstract
Faiqotul Mualifah, Ahmadiono, M.EI, 2020: Analisis Persepsi Santri Tentang Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Di Pondok Pesantren Al-Burhany Yasinat Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember). Persepsi konsumen adalah proses kognisi yang dilalui konsumen, dimulai dari semua stimulus diterima hingga stimulus tersebut dimasukan ke dalam memori dan dapat dipergunakan kembali untuk memberikan gambaran/persepsi yang lebih baik mengenai suatu produk. Pondok pesantren Al-Burhany merupakan pondok pesantren putri yang memiliki toko untuk memenuhi kebutuhan santri seperti makanan ringan dan peralatan mandi dan mencuci. Hal tersebut dilakukan pihak pondok untuk mengurangi intensitas keluarnya santri untuk membeli kebutuhan mereka. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana santri mempersepsikan produk makanan berlabel halal di Pondok Pesantren Al-Burhany YASINAT Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? (2) Bagaimana label halal menjadi pertimbangan keputusan santri dalam membeli produk makanan di Pondok Pesantren Al-Burhany YASINAT Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan santri dalam mempersepsikan produk makanan berlabel halal di Pondok Pesantren Al-Burhany YASINAT Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. (2) Mendeskrisikan label halal menjadi pertimbangan keputusan santri dalam membeli produk makanan di Pondok Pesantren Al-Burhany YASINAT Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Persepsi santri tentang produk makanan berlabel halal adalah produk makanan tersebut sudah diuji kehalalan bahan dan cara pembuatannya, sehingga yakin aman dan halal dikonsumsi oleh pembeli. (2) Pertimbangan label halal dalam keputusan pembelian produk makanan oleh santri Pondok Pesantren Al-Burhany adalah ketika santri akan membeli produk makanan yang familiar dan sering mencoba sebelumnya, mereka cenderung langung membeli dan jarang memperhatikan label halal. Sedangkan terhadap makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya ada yang memutuskan membeli karena yakin bahwa makanan itu halal walau hanya melihat dari bungkus dan ada yang memutuskan tidak membeli karena untuk berjaga-jaga. Kata kunci: Persepsi santri, produk makanan, label halal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 03:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 03:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9576 |
Actions (login required)
View Item |