Arizky, Mesa (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas 5B Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
MESA ARIZKY(1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mesa Arizky, 2022: Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas 5B MIN 3 Jember Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode Blended Learning yang diterapkan di MIN 3 Jember ini merupakan metode yang dilaksanakan oleh guru kelas 5B guna untuk mendapatkan pembelajaran yang paling baik dengan menggabungkan berbagai keunggulan masing-masing komponen di mana metode konvensional memungkinkan untuk melakukan pembelajaran secara interaktif sedangkan metode online dapat memberikan materi secara online tanpa batasan ruang dan waktu sehingga dapat tercapai pembelajaran yang maksimal termasuk dalam memahamkan materi mata pelajaran tematik.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini ada 3 yaitu, 1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun ajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran blended learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun ajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana evaluasi metode blended learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun ajaran 2020/2021?
Tujuan Penelitian adalah: Pertama, Untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun pelajaran 2020/2021. Kedua, Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Blended Learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun pelajaran 2020/2021. Ketiga, Untuk mengetahui bagaiman evaluasi metode Blended Learning pada pembelajaran tematik kelas 5B MIN 3 Jember tahun pelajaran 2020/2021.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penetuan subyek penelitian ini menggunakan teknik-teknik purposive, yaitu teknik pemilihan informan yang dipandang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan dalam penelitian, informan pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Wali Kelas 5B, Wali Murid, dan Siswa Kelas 5B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep dari Moleong yaitu mendeskripsikan fenomena, mengklarifikasikannya, dan melihat bagaimana konsep-konsep yang muncul itu satu dengan yang lainnya berkaitan. Keabsahan data menggunakan validitas dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian penerapan metode pembelajaran Blended Learning di MIN 3 Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 ini adalah 1) Perencanaan. Pertama, Rapat sosialisasi dengan wali murid mengenai penerapan pembelajaran Blended Learning. Kedua, Penyusunan RPP. Ketiga, Penyusunan Silabus. 2) Penerapan. Pertama, Guru meng-upload materi pembelajaran, tugas-tugas pada aplikasi yang digunakan yaitu aplikasi Whatsapp. Kedua, Guru menginformasikan kepada peserta didik untuk mempelajari materi yang sudah di-upload. Ketiga, Guru mengecek kehadiran peserta didik . Keempat, Guru meminta siswa mengamati dan mempelajari video pembelajaran yang sudah disediakan. Kelima, Guru memberikan evaluasi dalam bentuk kuis maupun essay yang telah dipersiapkan. 3) Evaluasi. Pertama, Penilaian sikap Kedua, Penilaian Pengetahuan. Ketiga, Penilaian Keterampilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mesa Arizky |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 00:51 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 00:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9590 |
Actions (login required)
View Item |