Jannah, Miftahul (2022) Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Melalui Pendekatan Hypnoteaching Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Muncar Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Skripsi_Miftahul Jannah_T20181149.pdf Download (2MB) |
Abstract
Miftahul Jannah, 2022, Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Melalui Pendekatan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Nilai-Nilai Akhlak, Pendekatan Hypnoteaching
Pendidikan memegang kedudukan penting untuk tercapainya kemajuan negara. Semaksimal mungkin pendidikan mengarahkan peserta didik dalam mengupayakan potensi yang dimilikinya.Penggunaan pendekatan dalam pembelajaran memang sangat berpengaruh penting dalam keberhasilan proses pembelajaran yang diharapkan. Pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri 1 Muncar ini menggunakan pendekatan Hypnoteaching, selain penerapannya yang unik dengan membuat siswa merasa nyaman saat pembelajaran, guru juga memberikan motivasi-motivasi yang menanamkan nilai-nilai akhlak kepada siswa.
Fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 2) Bagaimana kendala dalam proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pendidikan Pembelajaran Agama Islam? 3) Bagaimana hasil proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam?
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk mendeskripsikan kendala dalam internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Untuk mendeskripsikan hasil internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik penentuan subyek/informan dilakukan secara purposiv. Pengumpulan data teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi kegiatan Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah sebagai berikut : 1) Dalam proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui pendekatan hypnoteaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa hanya dibuat dalam keadaan releks dan tidak kehilangan kesadara. Pendekatan hypnoteaching ini dilakukan minimal 5-7 kali pertemuan dan penerapannya harus menggunakan kalimat yang positif.tidak menghilangkan kesadaran pada siswa. 2) Kendala dari pendekatan hypnoteaching ini pada siswa itu sendiri, siswa yang kurang memahami respon yang dirasakan ketika mengikuti pendekatan hypnoteaching serta kondisi yang tidak mendukung bagi siswa untuk bisa fokus. 3) Hasil dari pendekatan hypnoteaching ini yaitu siswa dapat menjadi pribadi yang memiliki akhlak yang baik serta kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih produktif karena siswa merasa nyaman sehingga materi dapat dipahami dengan baik.
Actions (login required)
View Item |