Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Ngashor Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember

Nuril Ibad, Dana (2022) Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Ngashor Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
tesis full watermark.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuril Ibad, Dana. 2022. Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) dalam Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Ngashor Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M. . Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), Kemandirian Santri.

Era globalisasi ditandai dengan berbaurnya budaya barat serta berkembang pesatnya teknologi serta kebutuhan keahlian yang mumpuni di berbagai sektor pekerjaan maupun industri menjadikan tantangan baru bagi lembaga pendidikan pesantren yang harus mempertahankan eksistensi dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai lembaga yang tidak hanya memberikan bekal keagamaan saja melainkan bekal keterampilan dan kemandirian emosional, tingkah laku dan intelektual bagi santri dalam mengahadapi zaman yang memasuki era digital.
Adapun fokus dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian emosional santri?, 2).Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri?, 3). Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian intelektual santri?.
Tujuan penelitian ini yakni: 1) Menganalisis implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian emosional santri, 2) Menganalisis implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri, 3) Menganalisis implementasi pendidikan kecakapan hidup (life skills education) dalam meningkatkan kemandirian intelektual santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Field Reaserch (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan skunder. Analisis data menggunakan pendekatan deskpriptif kualitatif dengan model interaksi dari Milles and Huberman & Jhonny Saldana. Sedangkan keabsahan data mengunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member chek.
Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian emosional santri melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya bathin, rasa dan emosional seperti Dzikrul Ghofilin, Rottibul Haddad dan Kitab Qolbul Qur’an. 2). Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian tingkah laku santri melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya meningkatkan kualitas tingkah laku seperti minggu bersih-bersih, pramuka, marching band, seni hadrah, Qiro’at, Pidato, Muhadzarah, Fiqih Praktek, pertaninan, peternakan, dan pembangunan. 3). Implementasi pendidikan kecakapan hidup dalam meningkatkan kemandirian intelektual santri melalui kegiatan hafalan juz amma, hafalan nadzoman, pengajian dan pembelajaran kitab kuning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dana Nuril Ibad
Date Deposited: 13 Jul 2022 09:04
Last Modified: 13 Jul 2022 09:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9654

Actions (login required)

View Item View Item