Amalia, Intan Nur (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI JENGGAWAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI INTAN watermark.pdf Download (8MB) |
Abstract
Intan Nur Amalia, 2022: Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Jenggawah Jember.
Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kepercayaan Diri, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan sebagai fenomena manusia yang fundamental untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia sebagai kapital intelektual yang berdaya saing tinggi. Indikator keberhasilan suatu pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dapat diukur melalui aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar siwa, yaitu faktor eksternal yang salah satunya adalah faktor keluarga berupa perhatian orang tua, dan faktor internal berupa aspek psikologis yakni kepercayaan diri.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perhatian orang tua siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember. 2) Mendeskripsikan kepercayaan diri siswa keas X MIPA di SMAN Jenggawah. 3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah. 4) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah. 5) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kepercayaan diri secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang dilakukan di SMAN Jenggawa Jember. Populasi meliputi seluruh siswa kelas X MIPA yang berjumlah 180 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling sehingga diambil sampel sebanyak 4 kelas yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi serta analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhatian Orang Tua siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember dengan kategori sangat tinggi sebesar 23%, kategori tinggi sebesar 52%, dan kategori sedang sebesar 25%. 2) Kepercayaan Diri siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah dengan kategori sangat tinggi sebesar 1%, kategori tinggi sebesar 23%, kategori sedang sebesar 69%, dan kategori rendah sebesar 7%. 3) Hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah diperoleh kategori sangat tinggi sebesar 90% dan kategori tinggi sebesar 10%. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis Fhitung > Ftabel (44,168 > 3,06), sig. F 0,000 < 0,05. 5) Perhatian orang tua dan kepercayaan diri berpengaruh signifikan secara individu terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di SMAN Jenggawah Jember, dibuktikan oleh hasil uji statistik t pada variabel perhatian orang tua diperoleh thitung > ttabel (4,188 > 1,976) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan pada variabel kepercayaan diri diperoleh thitung > ttabel ( 5,343 > 1,976) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170101 Biological Psychology (Neuropsychology, Psychopharmacology, Physiological Psychology) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Intan Nur Amalia |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 01:20 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 01:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9736 |
Actions (login required)
View Item |