Prayogi, Bagus and Parmono, Agung (2022) ANALISIS AIDA PADA MODEL PERIKLANAN DENGAN ENDORSEMENT TERHADAP MINAT DONASI PRODUK KITABISA.COM DI INSTAGRAM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI BAGUS PRAYOGI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Iklan merupakan fenomena yang muncul ketika revolusi industri, tujuan dari adanya iklan ialah untuk mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh pabrik. Dalam perkembangannya iklan berbanding lurus dengan teknologi dan internet oleh sebab ini pula model dari penyampaian pesan mengalami akselerasi dan evolusi, misalnya endorsement, banner ads dan lain sebagainya. Dengan model iklan yang demikian dan didukung pula oleh internet kini iklan bertumpu pada media platform digital. Instagram salah satu platform yang mendukung model iklan yang demikian. dalam menyampaikan pesannya dalam iklan memiliki suatu konsep yang bernama AIDA (Attention, Interest, Desire and Action). Konsep AIDA sendiri diperuntukan untuk melihat kualitas pesan yang disampaikan. Berbicara mengenai iklan selalu berkelindan untuk perusahaan komersial, padahal kini perusahaan non-komersial juga menggunakan iklan sebagai media untuk menyampaikan pesan kitabisa.com salah satunya. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang sosial seperti crowfunding untuk membantu mereka yang membutuhkan dan terdampak bencana. Dengan begitu rumusan masalah dalam penelitian ini ialah pertama, apakah AIDA paada model periklanan dengan endorsement berpengaruh secara parsial terhadap minat donasi produk kitabisa.com? kedua, apakah AIDA pada model periklanan dengan endorsement berpengaruh secara simultan terhadap minat donasi produk kitabisa.com? Maka dari itu penelitian ini bertujuan menganalisis AIDA pada model periklanan dengan endorsement terhadap minat donasi pada produk kitabisa.com di Instagram.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian netnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 839 ribu. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, untuk pengambilan jumlah responden digunakan rumus Taroyamane didapatkan jumlah yang dibutuhkan 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian berupa uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2) dengan bantuan program SPSS Statistik versi 17.0. sedangkan hasil dari penelitian secara parsial variabel attention tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap minat donasi pada produk kitabisa.com dengan nilai signifikansi sebesar 0,101 > 0,05 dengan nilai thitung 1,657 < ttabel 1,985. Variabel interest berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat donasi pada produk kitabisa.com dengan nilai signifikansi 0,07 < 0,05 dengan nilai thitung 2,762 > ttabel 1,985. Variabel desire berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat donasi pada produk kitabisa.com dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05 dengan thitung 2,455 > ttabel 1,985. Variabel action berpengaruh signifikan dan positif terhadap miat donasi pada produk kitabisa.com dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 14,276 > ttabel 1,985. Secara simultan variabel attention, interest, desire, action berpengarih signifikan dan positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai fhitung sebesar 157,966 > ftabel 2,465.
Keywords: AIDA, Minat Donasi, Endorsement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: AIDA, Minat Donasi, Endorsement |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Bagus Prayogi |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 06:47 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 06:47 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9838 |
Actions (login required)
View Item |