Sofianingsih, Ayu (2022) MOTIVASI BERHIJAB DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WONGSOREJO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI AYU SIAP WATERMARK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ayu Sofianingsih, 2022: motivasi berhijab dalam meningkatkan perilaku
keagamaan siswi di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi.
Kata Kunci: motivasi berhijab, perilaku keagamaan
Motivasi berhijab adalah dorongan seseorang untuk mengenakan hijab
untuk mencapai tujuan, pema
kaian hijab atau jilbab pada perempuan akan berpengaruh pada perilaku
keagamaan. Dengan berhijab, mereka dituntut untuk senantiasa melaksanakan
ibadah sesuai dengan ajaran Islam seperti sholat yang rajin, mengaji dan berpuasa,
karena apabila mereka tidak melaksanakan itu semua mereka akan merasa malu
dan terkucilkan.
Fokus masalah yang diteiliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
motivasi instrinsik berhijab dalam meningkatkan ibadah siswi di SMAN 1
Wongsorejo Banyuwangi? 2) Bagaimana motivasi ekstrinsik berhijab dalam
meningkatkan ibadah siswi di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi? 3) Bagaimana
motivasi instrinsik berhijab dalam meningkatkan akhlak siswi di SMAN 1
Wongsorejo Banyuwangi? 4) Bagaimana motivasi ekstrinsik berhijab dalam
meningkatkan akhlak siswi di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan motivasi instrinsik
berhijab dalam meningkatkan ibadah siswi di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi.
2) mendeskripsikan motivasi ekstrinsik berhijab dalam meningkatkan ibadah siswi
di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi. 3) mendeskripsikan motivasi instrinsik
berhijab dalam meningkatkan akhlak siswi di SMAN 1 Wongsorejo Banyuwangi.
4) motivasi ekstrinsik berhijab dalam meningkatkan akhlak siswi di SMAN 1
Wongsorejo Banyuwangi.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case
studies), subyek penelitiannya dilakukan dengan cara purposive. Teknik
pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model
interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) memiliki kesadaran yang tinggi serta
tanggung jawab dalam mengerjakan sholat dhuhur berjamaah dan sholat dhuha
berjamaah. 2) dorongan guru dengan cara memberikan tausiah melalui kegiatan
sholat dhuhur berjamaah dan sholaat dhuha berjamaah. 3) kesadaran diri dalam
membantu sesama melalui kegiatan bersedekah dan kesadaran dalam bertutur kata
yang baik kepada guru, teman melalui kegiatan 3S. 4) dorongan teman berupa
ajakan untuk membantu sesama melalui kegiatan sedekah dan dorongan guru
dengan memberikan contoh bertatakrama yang baik kepada siswa melalui
kegiatan 3S.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Ayu Sofianingsih |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9869 |
Actions (login required)
View Item |