Sukron romadhoni, Muhammad (2022) Sutdi litertur upaya meningkatkan literasi informasi siswa sekolah menengah atas pada mata pelajaran biologi selama pembelajaran daring untuk mengatasi dampak covid 19 tahun ajaran 2021 - 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI SUKRON FULL WATERMARK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci : Literasi informasi, studi literatur, upaya peningkatan
Literasi informasi merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki
oleh seseorang apalagi di dunia pendidikan. Belakangan ini sistem pendidikan di
indonesia terganggu dengan munculnya wabah covid-19. Munculnya wabah ini
mengakibatkan pemerintah harus mencari alternatif dalam dunia pendidikan.
Sehingga pemerintan bersama dengan kemendikbud dan mentri dalam negeri
mengeluarkan putusan yang berbunyi “ penyelengaraan pembelajaran di masa
pandemi covid-19 dilakukan dengan tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak
jauh”. Dengan keadaan ini maka pembelajaran yang berlangsung tidak begitu
efektif. Sehingga informasi yang di dapat siswa sangat minim.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan literasi
informasi siswa sekolah menengah atas pada mata pelajaran biologi selama
pembelajaran daring untuk mengatasi dampak covid-19 tahun ajaran 2021-2022
Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjud upaya apa yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi informasi siswa sekolah menengah
atas pada mata pelajaran biologi selama pembelajaran daring untuk mengatasi
dampak covid-19 tahun ajaran 2021-2022.
Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi
literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan internet
searching, kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
analisis isi atau content analisis.
Hasil pada penelitian ini adalah literasi informasi merupakan kemampuan
yang sangat penting dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis penulis. Ada
beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi informasi siswa,
caranya adalah : 1) Dengan melakukan pembelajaran biologi secara daring dengan
se kreatif mungkin sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar
sehingga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa, 2) Tenaga pendidik
menyediakan sumber belajar yang mencukupi untuk dijadikan sebagai bahan
bacaan dalam proses belajar siswa dan juga dalam meningkatkan wawasan
pengetahuan siswa, 3) Tenaga pendidik harus melakukan pembelajaran yang
inovativ namun harus efektif misalkan dengan memberikan materi berupa audio
visual ataupun dengan menggunakan gambar. Sehingga siswa tidak merasa bosan
dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan. 4) Selaku pengganti guru di
sekolah orang tua siswa harus ikut serta dalam pelaksanaan proses belajar
anaknya dengan cara memfasilitasi, meluangkan waktu, memantau jadwal belajar
anak dan memotifasi anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mr Muhammad Sukron romadhoni |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 08:59 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 08:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9873 |
Actions (login required)
View Item |