Fauqannuri, Ivanda Rahmi (2022) Penerapan Media Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
IVANDA RAHMI FAUQANNURI_T20181265.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran online, pembelajaran offline, media berbasis wordwall, motivasi belajar, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam.
Situasi pandemic covid-19 membuat segala aktivitas tidak berjalan dengan maksimal. Segala bentuk kegiatan harus dikerjakan dari rumah atau dikenal dengan istilah WFH (Work From Home), tidak terkecuali kegiatan pembelajaran. Namun situasi ini semakin membaik dan mulai memasuki era
new nomal yang mana kegiatan pembelajaran mulai dilangsungkan tatap muka kembali atau offline walau secara terbatas. Dalam masa transisi dari pembelajaran online menjadi offline tentu tidaklah mudah, terlebih jika sudah
berdampak pada perubahan motivasi dan hasil belajar siswa. Refleksi seorang guru sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan kembali motivasi dan hasil belajarnya siswanya. Guru PAI di SMPN 2 Panji menerapkan media berbasis wordwall sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
Berdasarkan permasalahan di atas diperoleh rumusan masalah: 1) Apakah
penerapan media berbasis wordwall dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII B Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Panji Situbondo? 2) Apakah penerapan media berbasis wordwall dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII B Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMPN 2 Panji Situbondo?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Panji Situbondo yang berjumlah 32 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tahap pra siklus diperoleh nilai 45, siklus I diperoleh nilai 51,45 dan siklus II diperoleh nilai 76,8. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator
yang telah di tentukan. Tidak hanya motivasi belajar, dapat kita lihat peningkatan hasil belajar siswa mulai tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus diperoleh rata-rata 72,5 dengan ketuntasan klasikal 59,37%, pada siklus I diperoleh rata-rata 74,3 dengan ketuntasan klasikal
65,62% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 84,06 dengan ketuntasan klasikal 84,67%. Dari hasil tersebut terbukti bahwasanya pembelajaran PAI dengan menerapkan media berbasis wordwall mampu meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ivanda Rahmi Fauqannuri |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 02:06 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 02:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9879 |
Actions (login required)
View Item |