Mohamad femy islamy, Femy islamy (2022) Impementasi pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode al miftah lil ulum di madrasah diniyah at-tanwir ledokombo jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
MOHAMAD FEMY ISLAMY_T20151364-1.pdf Download (6MB) |
Abstract
Mohamad Femy Islamy, 2022: Implementasi Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember
Kata Kunci: Implementsi, Metode, Al-Miftah lil Ulum, Fiqih
Madrasah Diniyah adalah lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan dan pengajaran secara klasikal dalam pengetahuan agama Islam kepada pelajar bersama-sama sedikitnya berjumlah 10 orang atau lebih, diantaranya anak-anak yang berusia 7 (tujuh) sampai 18 (delapan belas) tahun. Madrasah Diniyah merupakan bagaian dari sitem pendidikan formal pesantren. Madrasah Diniyah ini menjadi pendukung dan melengkapi kekurangan yang ada dalam system pendidikan formal pesantren, sehingga antara pendidikan pesantren dan pendidikan diniyah saling terkait
Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember ? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember ? dan 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana. Terakhir untuk membuktikan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Tahapan perencanaan pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum adalah sebagai berikut: menyiapkan materi yang akan diberikan kepada santri, selanjutnya ustadz membaca-baca materi, selanjutnya ustadz membuat contoh-contoh yang akan diberikan kepada santri terkait materi yang akan diajarkan 2) Tahapan pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Al Miftah Lil Ulum adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan Pendahuluan; ustadz/ ustadz menyiapkan santri untuk mengikuti proses pembelajaran, (b) membaca doa, dan surat Al-Fatihah, (c) memberi motivasi kepada santri, (d) mengajukan pertanyaan-pertanyaan, (e) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan (f) menyampaikan materi; (2) Kegiatan Inti, dan (3) Melaksanakan Kegiatan Penutup. Pelaksanaan Metode Al Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember dilaksanakan dari jam 07.00 sampai dengan jam 09.00 wib. dan 3) Evaluasi metode Al Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember menggunakan 2 cara, yaitu tes lisan dan tulisan untuk pemahaman materi. Tes rutin dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun dengan sistem semesteran. Dan tes lisan yaitu tes membaca kitab kuning. Evaluasi Metode Baca Kitab dengan Al Miftah Lil Ulum di Madrasah Diniyah At-Tanwir Ledokombo Jember yaitu ada kalanya evaluasi di dalam kelas sebelum pelajaran berakhir, masing-masing ustadz berbeda cara evaluasinya sesuai dengan tingkat kelasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Femy Mohamad femy islamy Mohamad femy islamy |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 07:10 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 07:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9891 |
Actions (login required)
View Item |