Implementasi model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Tahun Pelajaran 2021/2022

Sifa nur, Amalia (2022) Implementasi model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri Kiai haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text
SIFA NUR AMALIA_T20181054.pdf - Updated Version

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran problem based learning, pendidikan agama islam

Belajar pada intinya adalah proses memperoleh berbagai pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotrik), dan sikap (afektif). Proses belajar ini dapat terjadi di sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan formal, sekolah mempunyai peranan penting dalam mendewasakan peserta didik agar menjadi masyarakat yang berguna. Untuk tujuan tersebut, sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dan kurikulum sebagai wadah dan bahan mentahnya.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut, Adapun fokus penelitian yang berkaitan dengan judul “ implementasi model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Tahun 2021\2022.” Berdasarkan konteks penelitian yang diuraikan di atas adalah sebagai berikut Bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI di SMA Negeri 1Tegaldlimo Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Tegaldlimo tahun 2021/2022.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu menggunakan pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi.Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil temuan peneliti yang telah dilakujkan di SMAN 1 Tegaldlimo tentang model PBL yang telah diterapkan pada lokasi penelityian tersebut, bisa menyimpulkan sebagai berikut :1. Perencanaan model problem based learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dan budi pekerti kelas XI di SMAN 1 Tegaldlimo.Sebagai penetapan seorang guru untuk memulai pembelajaran sehingga suatu perencanaan tersebut sangat berperan penting bagi seorang guru. Dan sebagai salah satu hak paten untuk menjadi seorang pengajar. 2.Penerappan model problem based learningt (PBL) dan budi pekerti pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dan budi pekerti di kelas XI di SMAN 1 Tegaldlimo.Model PBL ini diterapkan karena adanya penurunan minat belajar peserta didik dengan menggunakan model yang hanya monoton. Sehingga pendidik menggunakan model PBL ini untu menjembatani mereka untuk semangatb belajar kembali dengan adanya diskusi antar teman. 3.Evaluasi model problrm based learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) dan budi pekerti kelas XI di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Evaluasi pada pemelajaran model problem based learning ini menggunakan tes tulis yaitu hasil diskusi kelompok dan tes lisan atau praktek dan sejenisnya sebagai slah satu pendidik menilai dengan hasil kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sifa Nur Amalia
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:44
Last Modified: 15 Jul 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9972

Actions (login required)

View Item View Item