Nisa, Faiqotul (2022) STRATEGI OPTIMALISASI LAYANAN TRANSAKSI BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI E-MAAL DI TOKO BASMALAH PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Faiqotul Nisa_E20182302.pdf Download (3MB) |
Abstract
Faiqotul Nisa, Toton Fanshurna, M.E.I 2022: Strategi Optimalisasi Layanan
Transaksi Berbasis Digital Melalui Aplikasi E-Maal Di Toko Basmalah
Pasuruan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi optimalisasi layanan
transaksi berbasis digital melalui aplikasi e-maal, E-Maal merupakan alat
pembayaran yang diterbitkan oleh PT. Sidogiri Fintech Pasuruan dalam bentuk
chip dan server (kartu E-Maal dan Aplikasi E-Maal) dibawah naungan kopontren
Sidogiri melalui salah satu anak perusahanya yaitu Toko Basmalah sejak 2018
yang bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah. Dalam hal ini
dapat membantu memudahkan bagi santri dan untuk pengguna umum tanpa harus
membawa uang sebanyak mungkin untuk melakukan transaksi juga dapat
membantu Wali Santri untuk mengontrol keuangan santri dalam kesehariannya
begitu pula permasalahan kehilangan uang yang selalu dikeluhkan oleh santri
dapat di minimalisir dengan kartu e-maal ini.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana sistem
layanan transaksi berbasis digital di Toko Basmalah Pasuruan? , 2) bagaimana
mengoptimalkan layanan transaksi E-Maal di Toko Basmalah Pasuruan?, 3)
bagaimana implikasi setalah dilakukannya optimalisasi pada
layanan transaksi E�Maal di Toko Basmalah Pasuruan?.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan sistem layanan
transaksi berbasis digital di Toko Basmalah Pasuruan, 2) untuk mendeskripsikan
mengoptimalkan layanan transaksi E-Maal di Toko Basmalah Pasuruan, 3) untuk
mendeskripsikan implikasi setelah dilakukannya optimalisasi pada layanan
transaksi E-Maal di Toko Basmalah Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan
observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik datanya yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi serta
keabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program kartu e-maal ini
dapat membantu santri dalam transaksi keuangan tanpa harus membawa uang
tunai serta dapat mengurangi kasus kehilangan uang (pencurian/hilang terselip). 2)
Program e-maal dapat memudahkan Wali Santri untuk mengontrol keuangan
santri 3). Aplikasi E-Maal yang telah dilengkapi dengan berbagai fitur telah
membantu pengguna dalam memudahkan segala bentuk transaksi baik secara
online maupun offline.
Kata kunci: Strategi optimalisasi, Toko Basmalah , Aplikasi E-Maa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Faiqotul Nisa Faiqotul Nisa |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 02:23 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 02:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9976 |
Actions (login required)
View Item |