Lailiyah, Zuhrotus Sofiyatul (2022) Proses berpikir matematis siswa anak berkebutuhan khusus (abk) tunarungu dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas vii di smplb negeri bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI ZUHROTUS SOFIYATUL LAILIYAH.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Zuhrotus Sofiyatul Lailiyah, 2022: Proses Berpikir Matematis Siswa Anak Berkebutuhan Khusus ABK Tunarungu dalam
Menyelesaikan Soal Cerita
Matematika Kelas VII di SMPLB Negeri Bondowoso. Kata Kunci: Berpikir Matematis, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Tunarungu, Soal Cerita Matematika.
Pendidikan merupakan suatu proses yang menciptakan suatu perubahan positif dan berperan penting untuk meningkatkan kualitas diri manusia secara merata. Berdasarkan UUD 1945, BAB XIII, pasal 31 ayat (1) menyatakan bahwa tiap-tiap warga negara berhak mendapatkan pengajaran. Dalam artian pendidikan harus dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, ta terkecuali anak berkebutuha khusus (ABK) tunarungu yang juga berhak memperoleh kesempatan yang sama dengan anak lainnya dalam memperoleh pendidikan, sehingga dapat diketahui proses berpikir matematis siswa ABK tunarungu. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses berpikir matematis siswa ABK tunarungu yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMPLB Negeri Bondowoso? 2) Bagaimana proses berpikir matematis siswa ABK tunarungu yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMPLB Negeri Bondowoso? 3) Bagaimana proses berpikir matematis siswa ABK tunarungu yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita matematika di SMPLB Negeri Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil 3 subjek penelitian dari siswa ABK tunarungu kelas VIII di SMPLB Negeri Bondowoso yang sesuai dengan kriteria penelitian. Sedangkan teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Setiap hasil tes dianalisis berdasarkan indikator berpikir matematis dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diperiksa keabsahannya menggunakan triangulasi metode.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Proses berpikir matematis S1 dalam menyelesaikan masalah cerita matematika yaitu diawali dengan membaca soal terlebih dahulu, kemudian menuliskan informasi yang terdapat pada soal, menuliskan permisalan yang terdapat pada soal, mengaitkan
informasi yang terdapat pada soal dengan pengetahuannya, menemukan ide penyelesaian, lalu melakukan perhitungan sederhana. 2) Proses berpikir matematis S2 dalam menyelesaikan masalah cerita matematika yaitu membaca soal,
kemudian menemukan ide penyelesaian berdasarkan pengetahuannya, dan melakukan perhitungan sederhana. 3) Proses berpikir matematis S3 dalam menyelesaikan masalah cerita matematika yaitu membaca soal, selanjutnya mencari ide penyelesaian masalah, lalu melakukan perhitungan sederhana berdasarkan ide pengetahuan yang S3 miliki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Zuhrotus sofiyatul Lailiyah |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 08:59 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 08:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9989 |
Actions (login required)
View Item |