PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER

ULFA NUR FITRIANA, 084 121 015 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
(A) COVER SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(G) ABSTRAK SKRIPSI ULPHA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
(H) DAFTAR ISI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI (BARNING).pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI (BARNING).pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI (BARNING).pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV SKRIPSI (BARNING).pdf

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI (BARNING).pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (BARNING).pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Ulfa Nur Fitriana, 2016 : Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi
Mahasiswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama
Islam Negeri Jember.
Karakter merupakan sifat atau ciri khas yang dimiliki oleh orang. Karakter
ini yang membedakan seseorang dengan individu yang lain. Mahasiswa sangat
penting mendapatkan penanaman karakter karena hal ini bertujuan untuk
memperkuat akhlak dan sifat terpuji bagi mahasiswa. Pendidikan saja tidak cukup
tanpa bekal moral dan karakter yang kuat, agar pada saat mahasiswa terjun
memasuki dunia masyarakat mereka tidak menyalahgunakan ilmu yang mereka
dapatkan pada saat mereka berada di bangku sekolah. Oleh karena itu perlu wadah
yang mampu menanamkan karakter seperti melalui kegiatan ekstrakurikuler
Pramuka misalnya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana bentuk-bentuk
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam Negeri Jember?. 2). Apa kendala
dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam Negeri Jember?. 3).
Bagaimana implikasi dari penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi
mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam
Negeri Jember dalam kehidupan sehari-hari?.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1). Bentuk-bentuk
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam Negeri Jember. 2). Kendala
dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam Negeri Jember. 3).
Implikasi dari penanaman nilai-nilai pendidikan karakter bagi mahasiswa melalui
kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Institut Agama Islam Negeri Jember dalam
kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis description
research dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi,
dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan
keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Bentuk-bentuk penanaman
nilai-nilai pendidikan karakter ada 4, karakter religius dengan pembiasaan sholat
berjamaah setiap kegiatan, pembiasaan sholat tahajud setiap kegaiatan,
pembiasaan do’a, pembiasaan kegiatan mingguan tahlilan malam jum’at, karakter
toleransi dengan metode musyawarah, karakter kreatif dengan berjiwa wirausaha
dan jurnalistik, karakter disiplin dengan menjaga waktu dan menaati peraturan. 2).
Kendala dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter adalah pertama, adanya
rasa kurang kompak antar Reka Kerja; Kedua, kurangnya minat untuk
bersungguh-sungguh; ketiga, faktor umur; keempat, kegiatan tidak maksimal. 3)
Implikasi dalam penanaman dalam menciptakan dampak positif di perlukan
pembiasaan

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN KARAKTER
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:41
Last Modified: 27 Sep 2017 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item