STRATEGI PEMASARAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DALAM PEMEROLEHAN LABA PENJUALAN BERBASIS ONLINE OLEH UMKM DKM CAKES & COOKIES DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Setiawan, Riska Yulistiana (2022) STRATEGI PEMASARAN PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DALAM PEMEROLEHAN LABA PENJUALAN BERBASIS ONLINE OLEH UMKM DKM CAKES & COOKIES DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RISKA-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Riska Yulistiana Setiawan, Dr. Munir Is’adi, S.E., M.Akun “Efektivitas
Penggunaan Digital Payment Dalam Pemerolehan Laba Penjualan Berbasis Online
Oleh UMKM DKM Cakes & Cookies Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember”
Skripsi ini membahas mengenai efektivitas penggunaan digital payment
sebagai salah satu bentuk upaya untuk memperoleh laba penjualan pada UMKM
DKM Cakes & Cookies. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
penggunaan Digital Payment dalam penjualan berbasis online oleh UMKM DKM
Cakes & Cookies Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Bagaimana laba
yang diperoleh dari penggunaan Digital Payment dalam penjualan berbasis online
oleh UMKM DKM Cakes & Cookies Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 3)
Bagaimana efektivitas penggunaan Digital Payment dalam pemerolehan laba
penjualan berbasis online oleh UMKM DKM Cakes & Cookies Di Kecamatan
Kaliwates Kabupaten Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan
Digital Payment dalam penjualan berbasis online. 2) Untuk mendeskripsikan
bagaimana laba yang diperoleh dari penggunaan Digital Payment dalam penjualan
berbasis online. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas penggunaan Digital
Payment dalam pemerolehan laba penjualan berbasis online oleh UMKM DKM
Cakes & Cookies di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta
menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk memperoleh data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode
kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi
sumber
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) UMKM DKM Cakes &
Cookies termasuk salah satu UMKM yang menerapkan sistem Digital Payment dalam
penjualannya yang berbasis online. Sistem ini digunakan untuk bertujuan
memberikan pelayanan yang terbaik kepada kosumen dengan cara memberikan
kemudahan dalam proses transaksi pembayaran. 2) Dengan memanfaatkan
kecanggihan teknologi yang sudah berkembang hingga saat ini, DKM Cakes &
Cookies menerapkan sistem Digital Payment yang dimana hal tersebut berdampak
pada peningkatan laba penjualan. Hal ini disebabkan oleh tersedianya berbagai
platform penjualan dan juga marketplace sebagai wadah untuk para pelaku UMKM
yang ingin mengembangkan usahanya. 3) Ke-efektifan penggunaan sistem Digital
Pament pada UMKM DKM Cakes & Cookies terbukti melalui tingkat kepuasan
pelanggan lebih dominan banyak dibanding tingkat kekecewaan melalui angka rating
pada platform Gojek, Shopee maupun Tokopedia.
Kata Kunci : Digital Payment, Laba, dan UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: Riska Yulistiana Setiawan
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:20
Last Modified: 26 Jul 2022 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/11384

Actions (login required)

View Item View Item