INOVASI PELAYANAN PADA USAHA BERBASIS RUMAHAN DI CAFE PUSPA RASA KOPI JEMBER

Hasanah, Riyadatul (2022) INOVASI PELAYANAN PADA USAHA BERBASIS RUMAHAN DI CAFE PUSPA RASA KOPI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIYADATUL HASANAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Riyadatul Hasanah, Dr. M.F Hidayatullah S.H.I, M.S.I, M.Pd.I. 2022: Inovasi Pelayanan pada Usaha Berbasis Rumahan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember.
Inovasi layanan merupakan aktivitas baru dalam industri jasa dan dianggap sebagai inovasi layanan atau layanan baru. Aktivitas ini terlihat pada teknologi yang digunakan, interaksi dengan pelanggan, pengembangan layanan baru. Update teknologi oleh perusahaan akan mempercepat pelayanan yang diberikan kepada konsumen, dan perkembangan pelayanan yang dilakukan perusahaan akan merubah pelayanan kepada konsumen sehingga pelayanan yang dirasakan berbeda dengan yang diberikan oleh perusahaan sebelumnya, menggunakan kembali layanan pada kesempatan lain. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember? 2) Apa faktor penghambat inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember? 3) Apa faktor pendukung inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui tentang strategi inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember. 2) untuk mengetahui tentang faktor penghambat inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember. 3) untuk mengetahui tentang faktor pendukung inovasi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi inovasi pelayanan, untuk strategi pelayanan di Cafe Puspa Rasa Kopi Jember mereka membuat sistem yang berbeda dengan cafe-cafe lainnya, yaitu sistem self service. Penerapan inovasi pelayanan dengan sistem self service terdiri dari lima indikator yaitu: keunggulan relatif, kerumitan, kemungkinan dan kemudahan diamati. 2) Faktor penghambat inovasi pelayanan, dari faktor lingkungan yaitu adanya aturan jam kunjung malam yang dibatasi oleh perumahan, Sumber daya manusia yaitu masih banyak pelanggan yang berputar arah karena melihat lokasi cafe ramai, kurangnya sosialisai inovasi pelayanan yaitu kurangnya sosialisasi self service hal ini yang menjadi penghambat besar untuk keberlangsungan inovasi pelayanan.3) Faktor pendukung inovasi pelayanan, adalah adanya dukungan penuh oleh pemilik cafe terkait inovasi pelayanan terutama pada sistem self service. Pentingnya memilih pegawai karena pegawai sendiri bersangkutan langsung dengan pelayanan, Inovasi yang mudah digunakan yaitu sistem self service, karena sistem ini sangat efisien dan efektif.
Kata Kunci:Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan, Konsumen.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Riyadatul Hasanah Hasanah
Date Deposited: 08 Sep 2022 01:50
Last Modified: 08 Sep 2022 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/12962

Actions (login required)

View Item View Item