Strategi Pelayanan Satu Atap dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Calon Jamaah Haji di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember

Aziz, Ramdhani Rizqi (2022) Strategi Pelayanan Satu Atap dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Calon Jamaah Haji di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
RAMDHANI RIZQI AZIZ_D20184038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ramdhani Rizqi Aziz, 2022 : Strategi Pelayanan Satu Atap dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Calon Jamaah Haji di Seksi
Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama
Kabupaten Jember
Haji adalah ibadah besar yang semua orang dapat menunaikannya, karena
ibadah haji memerlukan kekuatan fisik dan finansial bagi muslim yang
melaksanakannya. Oleh karena itu, Allah swt. Mewajibkan kepada orang orang
yang sudah terbilang mampu dalam hal materi, secara fisik dan juga memiliki
kesungguhan dan keikhlasan untuk segera melaksanakan ibadah haji.
Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia telah diatur berdasarkan pada Undang
Undang Nomor 13 tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Berpacu
kepada peraturan perundang-undangan tersebut, penyelenggaraan ibadah haji
adalah tugas negara dan telah menjadi tanggung jawab pemerintah yang sudah
berkoordinasi dengan instansi yang terkait dan juga memiliki kewajiban
memberikan pembinaan, pengarahan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik�baikya sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadah dengan ketentuan ajaran
agama Islam dan menjadi haji mabrur. Oleh karena itu sebagai negara muslim
terbanyak di dunia diperlukan Manajemen pelayanan yang baik untuk calon
jamaah haji. Mengingat makin tahun semakin banyak konsumen yang ingin
melaksanakan haji, kecepatan dalam melakukan sebuah pelayanan sangat penting
agar memudahkan para tamu Allah yang ingin melakukan pendaftaran,
pembatalan atau pelimpahan porsi haji. Dalam Penelitian ini peneliti
menggunakan metode Penelitian kualitatif dan jenis Penelitian deskriptif. Metode
kualitatif dilakukan karena peneliti yang akan banyak berperan dalam Pengabdian
ini. Dengan melakukan Observasi,Interview dan Dokumentasi. Jenis Pengabdian
deskriptif ditujukan agar pembaca dapat menggambarkan secara detail mengenai
Pelayanan Satu Atap di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.
Dari Penelitian ini layanan satu atap di seksi pelayanan haji dan umrah
Kankemenag Jember sudah cukup baik, Mengingat belum semua Kantor
Kementerian Agama di Kabupaten Jawa Timur atau di seluuh Kabupaten di
Indonesia belum mampu menjalankan pelayanan yang inovatif layaknya Kantor
Kementerian Agama Kabupaten Jember. Meskipun masih terdapat beberapa
kekurangan, tapi semua kekurangan tersebut tetap dapat ditangani secara
professional. Calon Jamaah masih terbilang jarang melakukan complain terhadap
pelayanan yang dilakukan oleh seksi penyelenggara haji dan umrah kantor
kementerian agama Kabupaten Jember. Banyak dari calon jamaah yang merasa
terbantu oleh pelayanan satu atap yang lebih memudahkan mereka dengan
mendekatkan jarak georafis instansi yang mereka butuhkan untuk mendaftar haji
dalam satu gedung.
Kata Kunci : Strategi Pelayanan Satu Atap, Kecepatan Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ramdhani Rizqi Aziz
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:40
Last Modified: 22 Nov 2022 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15123

Actions (login required)

View Item View Item