Strategi Pemasaran Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso

Holilah, Mega Nur (2022) Strategi Pemasaran Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MEGA NUR HOLILAH_T20183028.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mega Nur Holilah, 2022: Strategi Pemasaran Madrasah Dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Ibtidaiyah (MI) At-Taqwa Bondowoso.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Madrasah, Daya Saing

Tingkat persaingan dalam dunia pendidikan sangatlah berkembang, yang mana menuntut setiap penyedia jasa pendidikan harus mempunyai startegi efektif dan efisien. Strategi menjadi penting dalam dunia pendidikan mengingat pendidikan mampu memberikan aspek penanaman nilai-nilai sikap dan tingkah laku yang menjadikan manusia memiliki derajat. Maka dari madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan islam harus bertransformasi dengan mencari formulasi dan inovasi sesuai karakter madrasah agar bersaing secara etis untuk menjadi madrasah unggul yang berdaya saing dari sekolah umum melalui strategi pemasaran.
Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitisan ini adalah mencakup: 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran tempat madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga di MI At-Taqwa Bondowoso, 2) Bagaimana strategi bauran pemasaran promosi madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga di MI At-Taqwa Bondowoso, 3) Bagaimana strategi bauran pemasaran harga madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga di MI At-Taqwa Bondowoso, dan 4) Bagaimana strategi bauran pemasaran produk madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga di MI At-Taqwa Bondowoso. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi yang berupa strategi pemasaran tempat, harga, promosi dan produk dalam meningkatkan daya saing lembaga di MI At-Taqwa Bondowoso.
Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisa yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Metode keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran tempat madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga adalah dengan letaknya lokasi atau tempat madrasah yang strategis, selain itu ruang kelas yang cukup luas dengan nuansa keindahan disetiap kelasnya yakni adanya sebuah hiasan dari kreativitas siswa yang dapat membangun imajinasi yang baik dan semangat belajarnya. 2) Strategi pemasaran promosi madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga adalah menggunakan strategi media cetak, media online, Word of Moth (mulut Ke mulut), dan promosi secara langsung setiap harinya dengan memberikan inovasi-inovasi baru seperti kegiatan jum’at ramah dan jum’at sedekah. 3) Strategi pemasaran harga madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga adalah menawarkan harga sesuai dengan kualitas pelayanan pendidikan yang diberikan serta melakukan preferensi pasar menggunakan segmentasi psikografis dan segmentasi demografis, dan menetapkan segmentasi pemasaran harga dengan analisis terukur dengan data konsumen, perilaku masyarakat, aspek keterjangkauan, dan keberlanjutan manfaat. 4) Strategi pemasaran produk madrasah dalam meningkatkan daya saing lembaga adalah dengan memunculkan banyak inovasi baru dengan menciptakan pendidikan ala pesantren yakni dengan adanya program unggulan seperti program kelas tahfidz, program menghafal asmaul husna, program menghafal aqidatul awam, program sholat dhuha, program sholat dhuhur berjamaah, dan program sholawat, selain itu juga meningkatkan kualitas guru dan kualitas sarana dan prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mega Nur Holilah
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:18
Last Modified: 18 Nov 2022 09:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item