Analisis Model Investasi di Koperasi Pondok Pesantren Al Mubarok Kampung Tengah, Sukowono, Jember.

Komala, Nafilatul (2022) Analisis Model Investasi di Koperasi Pondok Pesantren Al Mubarok Kampung Tengah, Sukowono, Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nafila Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komala, Dr. H. Abdul Wadud Nafis, Lc., M.E.I., 2022 : Analisis Model Investasi di Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al Mubarok Kampung Tengah, Sukowono, Jember.

Investasi di Koperasi Pondok Pesantren Al Mubarok merupakan investasi yang diterapkan pada tahun 2018 yang dibuka untuk seluruh masyarakat dengan manajemen investasi yakni pembagian hasil 70:30 (70% untuk investor sedangkan 30% untuk manajemen), model investasi langsung maka, dengan adanya investasi tersebut dapat menarik minat masyarakat berinvestasi demi untuk meingkatkan kesejahteraan masyarakat terutama investor.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme manajemen investasi di Kopontren Al Mubarok?, 2) Bagaimana model investasi di Kopontren Al Mubarok?, 3) Apa motivasi masyarakat dalam berinvestasi di Kopontren Al Mubarok?.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang: 1) Mekanisme manajemen investasi di Kopontren Al Mubarok, 2) Model investasi di Kopontren Al Mubarok, 3) Motivasi masyarakat dalam berinvestasi di Kopontren Al Mubarok.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan penelitian ini: 1) Manajemen investasi di Kopontren Al Mubarok adalah mudah dan langsung serta untuk pembagian hasil investasi ialah 70:30 (70 untuk investor dan 30 untuk pihak manajemen), 2) Model investasi di Kopontren Al Mubarok adalah model investasi langsung, 3) Motivasi masyarakat yang berinvestasi di Kopontren Al Mubarok adalah untuk mendapatkan keuntungan/laba, mendukung perkembangan pesantren yang lebih baik, jelas, ikatan menjadi lebih kuat, dan membantu menciptakan perekonomian Islam yang lebih kuat.

Kata Kunci: Investasi, Koperasi Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Nafilatul Komala
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:14
Last Modified: 23 Nov 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item