Strategi potongan harga dengan model payment dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada aplikasi payment Bangbeli: Studi pada PT. Doa Anak Digital

Jurianti, Nurma Lita (2022) Strategi potongan harga dengan model payment dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada aplikasi payment Bangbeli: Studi pada PT. Doa Anak Digital. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURMA LITA JURIANTI_E20182066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurma Lita Jurianti, Moch Chotib, 2022: Strategi Potongan Harga Dengan Model Cashback Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada Aplikasi Payment Bangbeli (Studi Pada PT. Doa Anak Digital)

Cashback merupakan salah satu strategi potongan harga yang banyak digunakan oleh para produsen, karena penggunaan sistem cashback ini merupakan salah satu strategi promosi yang digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap suatu produk. Hal ini dikarenakan cashback memungkinkan konsumen untuk memperoleh pengembalian dana atau sejumlah nominal rupiah atas transaksi yang telah dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlakuk. Pemberian cashback biasanya tidak langsung diberikan dalam bentuk uang, akan tetapi biasanya berbentuk deposit ataupun dalam bentuk barang lain. Pemberian promo cashback sering diberikan dalam transaksi online karena banyak masyarakat yang telah beralih melakukan pembelian barang secara offline menjadi online. Salah satu aplikasi payment yang memberikan potongan harga cashback adalah aplikasi Bangbeli. Bangbeli mulai memberikan cashback sejak bulan Mei 2020. Pemeberian cashback ini bertujuan unuk menarik minat guna masyarakat terhadap aplikasi Bangbeli.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi potongan harga dengan model cashback yang diterapkan oleh aplikasi payment Bangbeli? (2) Bagaimana dampak dari penerapan strategi potongan harga dengan model cashback terhadap peningkatan jumlah pelanggan di aplikasi Bangbeli?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mrnganalisis dan mengetahui tentang strategi potongan harga dengan model cashback yang diterapkan oleh aplikasi payment Bangbeli. (2) Untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi potongan harga dengan model cashback terhadap peningkatan jumlah pelanggan di aplikasi Bangbeli.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan dan menggunakan Teknik purposive dalam penentuan subyek penelitian. Dalam proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Cashback yang diberikan oleh aplikasi Bangbeli bukan dalam bentuk uang tunai akan tetapi dalam bentuk point yang dpat ditukarkan dengan saldo deposit Bangbeli. Pemberian cashback ini biasanya dilakukan setiap awal bulan, pertengahan bulan dan akhir bulan. (2) Pemberian cashback pada aplikasi Bangbeli memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan jumlah pelanggan aplikasi Bangbeli. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pelanggan yang meningkat hingga 2X lipat bahkan pernah mencapai 4X lipat lebih banyak dari tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya yakni tahun 2021.

Kata Kunci: Potongan Harga, Cashback, Bangbeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Nurma Lita Jurianti
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:50
Last Modified: 25 Nov 2022 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item