AULIA LUTHFINDA DEWI, 084 121 041 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA MUKIM DAN SISWA KALONG DI SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
1. COVER.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (782kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
Aulia Luthfinda Dewi, 2016: Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Antara Siswa Mukim Dan Siswa Kalong Di SMP
Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran
2016/2017, PAI FTIK IAIN Jember.
Pembimbing : Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag
Kata Kunci: Hasil Belajar, Siswa Mukim dan Siswa Kalong
Hasil belajar adalah hasil yang didapat para siswa setelah mengikuti
pembelajaran dan pengaplikasiannya dapat terlihat dari perubahan tingkah laku
yang ditujukkan para siswa. Prestasi dalam pendidikan selalu berkaitan dengan
hasil belajar.Sedangkan belajar sendiri merupakan suatu usaha yang dilakukan
seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya. Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik
sifat maupun jenisnya, karena tidak tentu setiap perubahan dalam diri seseorang
merupakan perubahan dalam arti belajar. Hasil belajar dalam penelitian ini berupa
prestasi belajar yang diambil dari nilai rapot PAI siswa. Begitu juga dengan
pentingnya pendidikan agama untuk perubahan yang baik untuk anak didik sesuai
dengan ajaran Islam. Dalam penelitian ini penulis memilih SMP Plus Darus
Sholah sebagai objek penelitian. Salah satu alasannya yaitu karna siswa SMP Plus
Darus Sholah ada yang tinggal di dalam pondok dan ada yang tinggal diluar
pondok. Dengan demikian kemungkinan ada perbedaan prestasi belajar antara
siswa yang tinggal di dalam pondok dan siswa yang tinggal diluar pondok.
Penelitian ini berusaha mengungkap permasalahan tentang apakah ada
perbedaan hasil belajar pendidikan agama Islam antara siswa mukim dan siswa
kalong di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan
umum dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
pendidikan agama Islam antara siswa mukim dan siswa kalong di SMP Plus Darus
Sholah Jember tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar
Pendidikan Agam Islam antara siswa mukim dan siswa kalong , adakah perbedaan
yang signifikan dari pengaruh tempat tinggal terhadap hasil belajar Pendidikan
Agama Islam di SMP Plus Darus Sholah yang diambil dari nilai rapot PAI siswa.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian field research digunakan untuk pengumpulan data dari objek penelitian.
Berdasarkan dari hasil penelitian di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun
pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan bahwa nilai th sebesar 3,52 sedangkan
nilai tt adalah 2,00 dan 2,65. Berdasarkan kriteria penguian hipotesis yang di
tetapkan hal ini berarti th>tt, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang dapat
diartikan Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pendidikan agama
Islam antara siswa mukim dan siswa kalong
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Siswa Mukim dan Siswa Kalong |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 02:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 02:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |