PENGARUH STRATEGI READING ALOUD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ILMU TAJWID SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH DESA KARANGHARJO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER

MOHAMMAD SYAMSUD DHUHA, 084121264 (2016) PENGARUH STRATEGI READING ALOUD DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR ILMU TAJWID SANTRI PUTRA PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH DESA KARANGHARJO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBER. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II .pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Mohammad Syamsud Dhuha, 2016: Pengaruh Strategi Reading Aloud dan
Motivasi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Ilmu Tajwid Santri
Putra Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo
Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Di dalam proses pendidikan terdapat proses belajar mengajar. Pada proses
belajar mengajar, sudah tentu harus berkembang. Proses belajar mengajar dapat
berkembang apabila didukung dengan aktivitas belajar siswa.Aktivitas belajar
siswa sangat diperlukan dalam berfikir maupun bertindak. Disebabkan
penerimaan pelajaran jika dengan aktivitas belajar siswa sendiri tidak akan berlalu
begitu saja, tetapi dipikirkan dan diolah dalam bentuk pertanyaan serta
mengajukan pendapat dan bahkan menimbulkan diskusi dengan guru.Salah satu
faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa adalah faktor yang berasal dari
dalam diri siswa yaitu motivasi belajar. Namun demikian motivasi belajar bukan
merupakan variabel tunggal yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa.
Penggunaan strategi dalam belajar mengajar juga dapat mempengaruhi aktivitas
belajar, salah satunya adalah strategi reading aloud.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Apakah ada
pengaruh strategi reading aloud terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra
Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten
Jember? (2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar ilmu
tajwid santri putra Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan
Silo Kabupaten Jember? (3) Apakah ada pengaruh strategi reading aloud dan
motivasi belajar terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra Pondok
Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh strategi reading
aloud terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra Pondok Pesantren AlHidayah

Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. (2) Mengetahui
pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra
Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten
Jember. (3) Mengetahui pengaruh strategi reading aloud dan motivasi belajar
terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra Pondok Pesantren Al-Hidayah
Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
field research (Penelitian Lapangan). Adapun subyek penelitian dalam penelitian
ini adalah seluruh santri putra Pondok pesantren Al-hidayah yang berjumlah 54
santri.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan
dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti
menggunakan analisis regresi linier berganda dengan rumus:

Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Tidak ada pengaruh strategi
reading aloud terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra Pondok Pesantren
Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, Karena t
viii

hitung 0,239 < t tabel 2,006. Dengan tingkat signifikansi 0,712 > 0,05. (2) Ada
pengaruh motivasi belajar terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra
Pondok Pesantren Al-Hidayah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten
Jember, karena t hitung 4,347 > t tabel 2,006 dengan tingkat signifikasnsinya
0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh strategi reading aloud dan motivasi belajar
terhadap aktivitas belajar ilmu tajwid santri putra Pondok Pesantren Al-Hidayah
Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, karena F hitung 9,848 > F
tabel 3,179 dengan tingkat signifikasnsinya 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: STRATEGI READING ALOUD DAN MOTIVASI BELAJAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:41
Last Modified: 31 Oct 2017 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item