METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SITTI MASTUROH, 084121188 (2016) METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1. COVER dalam.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
viii. ABSTRAK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Sitti Masturoh, 2017 : Metode Pembelajaran Ummi dalam Meningkatkan
kemampuan Membaca dan Menulis Lafadz Al-qur’an di SMP Al-furqan Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017.

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Keterampilan membaca al-qur’an atau lebih
dikenal dengan istilah mengaji, oleh karena itu di dalam membaca al-qur'an dituntut
untuk mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan cara membaca al-qur'an yang
meliputi penguasaan terhadap ilmu tajwid, gharib atau musykilat dan makharijul
huruf. Hal ini dilakukan karena semata-mata untuk menghindari kesalahan-kesalahan
yang menjurus pada perubahan arti dan maksud pada ayat tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkakan kemampuan membaca al-qur’an di SMP Alfurqan
Jember
Tahun
Pelajaran
2016/2017?
(2)
Bagaimana
implementasi
metode

ummi

dalam meningkakan kemampuan menghafal al-qur’an di SMP Al-furqan
Jember 2016/2017? (3) Bagaimana implementasi metode ummi dalam memahami
kaidah tajwid di SMP Al-furqan Jember 2016/2017?? (4) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkatkan kemampuan menulis lafadz al-qur’an di SMP
Al-furqan Jember 2016/2017?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek
penelitian adalah kepala sekolah, guru al-qur’an dan siswa-siswi SMP Al-furqan,
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu dengan
reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode ummi dalam
pembelajaran al-qur’an sudah ditentukan dengan waktu oleh lembaga tersebut (2)
implementasi metode menghafal al-qur’an menggunakan metode takrir (3)
implementasi kaidah tajwid dalam pembelajaran alqur’an di mana siswa di suruh baca
satu persatu dan dilanjutkan mencari hukum bacaan yang ada di dalam ayat tersebut
(4) implementasi menulis huruf hijaiyah dalam pembelajaran al-qur’an dilaksanakan
disela-sela waktu menghafal al-qur’an dan diajarkan turjuman

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN UMMI
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:11
Last Modified: 01 Nov 2017 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item