TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENETAPAN HARGA BAGI PEMBELI YANG MEMBUTUHKAN DI DESA LAMPEJI, KECAMATAN MUMBULSARI

AHMAD LUDFIANTO, 083122052 (2016) TINJAUAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENETAPAN HARGA BAGI PEMBELI YANG MEMBUTUHKAN DI DESA LAMPEJI, KECAMATAN MUMBULSARI. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB IV.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB V.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Ahmad Ludfianto, 2016: Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik
Penetapan Harga bagi pembeli yang membutuhkan Di Desa Lampeji,
Kecamatan Mumbulsari.
Kehidupan masyarakat Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari setiap hari
melakukan proses jual beli. Ada pihak produsen atau penjual sebagai penyedia
barang kebutuhan berupa bahan pokok ataupun yang lainnya; dan pihak
konsumen sebagai pemakai atau pembeli barang dari konsumen. Akan tetapi,
masih banyak para produsen yang sering memanfaatkan situasi untuk meraih
keuntungan yang berlipat-lipat dari konsumen tanpa memperhatikan hal-hal
yang dilarang dilakukan dalam proses jual beli. Misalnya, mengambil
keuntungan yang berlipat-lipat dari konsumen dengan kualitas barang yang
rendah dan menimbun barang sehingga membuat harga barang tidak stabil.
Beradasarkan latar belakang di atas maka Fokus penelitian yang diteliti
dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana praktik penetapan harga bagi pembeli
yang membutuhkan di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari? 2) Bagaimana
praktek penetapan harga di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari dalam
tinjauan etika bisnis Islam?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan praktik penetapan harga
bagi pembeli yang membutuhkan di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari 2)
Mendeskripsikan praktik transaksi penetapan harga bagi pembeli yang
membutuhkan di Desa Lampeji Kecamatan Mumbulsari dalam tinjauan etika
bisnis Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena data
penelitian ini diperoleh dari masyarakat melalui proses observasi, wawancara
dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data
primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul selanjutnya
dianalisis dengan menggunakan data deskriptif analisis dengan menggunakan
pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Praktik
transaksi penetapan harga bagi pembeli yang membutuhkan di Desa Lampeji,
Kecamatan Mumbulsari yaitu penjual menaikkan harga terhadap pembeli, yang
mana penjual menaikkan harga ketika barang-barang langka (sulit dicari)
karena beberapa faktor, yaitu; faktor kelangkaan barang (faktor penawaran dan
permintaan), faktor sulitnya barang didapatkan (faktor elastis permintaan),
faktor transportasi (faktor biaya) maupun faktor-faktor yang lain yaitu jumlah
pengguna lebih banyak dari persediaan barang yang ada (faktor keadaan
perekonomian). 2) Penetapan harga di Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari
ditinjau dari etika bisnis Islam yaitu praktik penetapan harga yang dilakukan
penjual warga Desa Lampeji bisa dikatakan sesuai dengan nilai-nilai etika
bisnis Islam, karena praktik yang dilakukan penjual ini tidak tercantum pada
hal-hal terkait dengan distorsi pasar yaitu meliputi rekayasa penawaran dan
permintaan, penipuan (tadlis) dan kerancauan (tagrir). Penetapan harga yang
dilakukan penjual di Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari dengan
menaikkan harga memiliki beberapa alasan antara lain; biaya bahan-bahan
yang juga meningkat (faktor permintaan dan penawaran), biaya produksi
semakin tinggi (faktor produksi), barang sulit didapatkan (faktor elastis
permintaan) dan biaya transportasi (faktor biaya)

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined])
Uncontrolled Keywords: ETIKA BISNIS ISLAM, PRAKTIK PENETAPAN HARGA
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220102 Business Ethics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Masrur Rizqon
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:10
Last Modified: 02 Nov 2017 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item