YESI OCKITA SARI, 083 122 037 (2016) ANALISIS PERSAINGAN PEDAGANG KLONTONGAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pedagang Klontongan Pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi). ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (977kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (811kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (573kB) | Preview |
Abstract
Yesi Ockita Sari, 2016: ANALISIS PERSAINGAN PEDAGANG KLONTONGAN
DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pedagang Klontongan
Pasar Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi)”.
Pasar mendapatkan kedudukan yang penting dalam islam. Rasulallah sangat
menghargai harga sebagai harga yang adil. Oleh karena itu Islam menekankan
adanya moralitas seperti persaingan yang sehat, kejujuran, keterbukaan dan
keadilan. Terkait dengan persaingan, Islam sudah mengatur etika dan cara
bersaing dalam berdagang, agar tercipta persaingan yang sehat tanpa adanya
penyimpangan-penyimpangan, seperti yang telah Rasulallah contohkan,
bagaimana bersaing dengan baik ketika berdagang, rasul tidak pernah melakukan
usaha untuk menghancurkan pesaingnya, yang beliau lakukan adalah memberikan
pelayanan sebaik-baiknya dan menyebutkan spesifikasi barangnya denga jujur
termasuk jika barang tersebut terdapat cacatnya. Sehubungan dengan hal tersebut,
penulis memilih pasar tradisional Benculuk yang terletak di Kabupaten
Banyuwangi, karena pasar tradisional adalah tempat yang rentan akan
penyimpangan-penyimpangan, seperti penipuan, pengoplosan barang halal dan
haram dan sebagainya.
Dalam hal ini, fokus penelitian dalam skripsi ini ada 2 yaitu: 1) Bagaimana
bentuk persaingan dan upaya memenangkan persaingan antar pedagang
klontongan di pasar Benculuk dalam Etika Bisnis Islam? 2) Bagaimana pandangan
Etika Bisnis Islam terhadap persaingan pedagang klontongan di pasar Benculuk
Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan
mendeskripsikan bagaimana bentuk persaingan dan upaya memenangkan
persaingan antar pedagang klontongan di pasar Benculuk dalam Etika Bisnis
Islam, untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan Etika Bisnis Islam terhadap
persaingan pedagang klontongan di pasar Benculuk Kecamatan Cluring
Kabupaten Banyuwangi
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Pasar
Benculuk Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk
menguji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber.
Dengan demikian peneliti memperoleh kesimpulan bahwa 1) bentuk
persaingan yang terjadi di pasar Benculuk antar sesama pedagang klontongan
ditinjau dari obyek yang dipersaingkan ialah dari segi kualitas barang, harga yang
terjangkau, serta pelayanan yang memuaskan dari para pedagang, sedangkan
lokasi dan layanan purna jual barang yang sudah dibeli tidak mempengaruhi
pelanggan dalam melakukan transaksi jual beli, dari bentuk persaingan tersebut,
pedagang bisa memenangkan persaingan yang terjadi. 2) pandangan etika bisnis
Islam berdasarkan persaingan yang terjadi di pasar Benculuk adalah, para
pedagang klontongn bersaing secara sehat tetapi belum maksimal dalam
menerapkan prinsip dasar beretika bisnis dalam Islam
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ANALISIS PERSAINGAN PEDAGANG |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 01:41 |
Last Modified: | 13 Nov 2017 01:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/232 |
Actions (login required)
View Item |