Peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah aliyah ma'arif nu kencong jember tahun 2021/2022

Huda, Miftahul (2023) Peran komite madrasah dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah aliyah ma'arif nu kencong jember tahun 2021/2022. Masters thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
MIFTAHUL HUDA watermak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miftahul Huda, 2021/2022, Peran Komite Madrasah dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Jember Tahun 2022
Kata Kunci: Komite Madrasah dan Layanan pendidikan
Komite madrasah merupakan badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan berbagai teori dan konsep manajemen mutu agar kualitas pendidikan dapat terjaga dan diakui sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses dengan baik dan menghasilkan output yang baik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember, 2) Bagaimana peran komite madrasah sebagai badan pendukung dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember, 3) Bagaimana peran komite madrasah sebagai badan pengawas dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember, 2) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai pendukung dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember, 3) Untuk mendeskripsikan peran komite madrasah sebagai pengawas dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan di madrasah Aliyah ma’arif NU Kencong Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah fenomenoligi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi patisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman, Johnny dan Saldana yaitu kondensasi data (date condentation), penyajian data (date display), dan penarikan kesimpulan, selanjutnya data diuji kebsahannya menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan member check.
Temuan dari penelitian ini: 1) Peran Komite madrasah sebagai pemberi pertimbangan dalam setiap rencana dan program yang disusun oleh madrasah, misalnya dalam hal rehab sarana dan gedung yang rusak, melakukan pelebaran mushala, pengadaan peralatan shalat (mukenah dan sarung) untuk meningkatkan Mutu layanan pendidikan 2) Peran Komite madrasah sebagai badan pendukung dapat berupa dukungan financial, tenaga, dan dukungan pikiranuntuk meningkatkan mutu layanan Pendidikan 3) Peran Komite madrasah melakukan kontrol terhadap pengambilan keputusan dan perencanaan pendidikan di madrasah untuk meningkatkan Mutu layanan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190401 Aboriginal and Torres Strait Islander Performing Arts
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Miftahul Huda
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:37
Last Modified: 27 Jun 2023 00:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/24700

Actions (login required)

View Item View Item