Penerapan Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Relationship Manager Small Medium Enterprise Untuk Meningkatkan Produk Pinjaman Unggulan Di Bank Rakyat Indonesia KCP Muncar

Rizkia Hutami, Annisa Wahyu (2023) Penerapan Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Relationship Manager Small Medium Enterprise Untuk Meningkatkan Produk Pinjaman Unggulan Di Bank Rakyat Indonesia KCP Muncar. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa Wahyu Rizkia Hutami_E20191001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Annisa Wahyu Rizkia Hutami, 2023: Penerapan Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Relationship Manager Small Medium Enterprise Untuk Meningkatkan Produk Pinjaman Unggulan Di Bank Rakyat Indonesia KCP Muncar.

Kata kunci: Pemasaran, Media Sosial, Produk Pinjaman

Dengan berkembangnya era digital saat ini diketahui bahwa setiap perusahaan harus menghadapi persaingan dalam memasarkan produk dan jasanya, sehingga perusahaan harus mampu menerapkan strategi pemasaran untuk mengalahkan para pesaingnya. Selain itu, beragamnya produk perbankan yang ada pada saat ini membuat masyarakat lebih leluasa dalam menggunakan dan memilih layanan jasa perbankan mana yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Banyak strategi yang dapat digunakan dalam melakukan pemasaran, seperti menerapkan strategi produk, strategi harga dan strategi promosi penjualan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pemasaran melalui media sosial pada Relationship Manager Small Medium Enterprise untuk meningkatkan produk pinjaman unggulan di Bank Rakyat Indonesia KCP Muncar? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Relationship Manager Small Medium Enterprise dalam melakukan pemasaran produk pinjaman unggulan di Bank Rakyat Indonesia KCP Muncar?.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research atau penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Karyawan Relationship Manager Small Medium Enterprise pada BRI KCP Muncar sudah melakukan penerapan pemasaran produk pinjamannya melalui media sosial. Media sosial yang digunakan antara lain WhatsApp, Instagram, dan Tik-Tok. Akan tetapi penggunaan dan pemilihan media yang digunakan kembali lagi kepada masing-masing strategi karyawan untuk mendapatkan nasabahnya. Media utama yang digunakan saat melakukan pemasaran yaitu WhatsApp karena mudah penggunaanya dan semua nasabah dipastikan mempunyai aplikasi tersebut. Terkait dengan produk pinjaman yang paling banyak diminati oleh nasabah yaitu kredit rekening koran dan kur retail. 2) Faktor pendukung karyawan Relationship Manager Small Medium Enterprise dalam melakukan pemasaran yaitu tersedianya aplikasi editing untuk membuat konten video atau foto untuk di unggah di media sosial, jumlah teman di media sosial dan pengalaman bekerja. Selain itu hambatan yang dirasakan oleh karyawan Relationship Manager Small Medium Enterprise dalam memasarkan produk pinjaman melalui media sosial seperti sering diacuhkan oleh nasabah, terkendala oleh jaringan dan hanya orang/kerabat/nasabah yang satu kontak dengan kita yang tau pemasaran yang kita lakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms. Annisa Wahyu Rizkia Hutami
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:24
Last Modified: 06 Jul 2023 03:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25236

Actions (login required)

View Item View Item