Strategi Pemasaran Kunyit Kering Iris UD. Rempah Jaya dalam Meningkatkan Pendapatan masyarakat di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik

Emalia, Meily (2023) Strategi Pemasaran Kunyit Kering Iris UD. Rempah Jaya dalam Meningkatkan Pendapatan masyarakat di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
1.SKRIPSI MELI revisi FIX 1l.pdf

Download (2MB)

Abstract

Meily Emalia Rosadi, 2023: Strategi Pemasaran Kunyit Kering Iris UD. Rempah Jaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik
.
Kata kunci: strategi pemasaran, kunyit, pendapatan masyarakat.
Persaingan dalam dunia usaha kunyit kering iris membuat masyarakat di Desa Mojosarirejo melaksanakan strategi pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Dalam pemasaran untuk mencapai pasar sasaran yang diinginkan, perusahaan menggunakan strategi yakni Marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari strategi produk, harga, distribusi dan promosi. Dengan adanya strategi tersebut dimaksudkan agar pendapatan masyarakat di Desa Mojosarirejo dapat meningkat.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran kunyit kering iris dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik? 2) Bagaimana dampak strategi pemasaran kunyit kering iris dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik?
Sedangkan tujuan dari adanya penelitian ini : 1) untuk mengetahui strategi pemasaran kunyit kering iris dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. 2) untuk mengetahui dampak strategi pemasaran kunyit kering iris dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mojosarirejo Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik.
Metode penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang bermaksud untuk mendiskripsikan hasil yang diperoleh peneliti dilapangan. Adapun teknik pengumpulan data mengguanakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menetukan subjek penelitian digunakan teknik purposive sampling.
Hasil dari penelitian ini : 1) Strategi yang digunakan adalah menjaga kualitas kunyit kering iris agar mampu bersaing dipasaran. Strategi harga yang diterapkan adalah dengan melihat harga dipasaran. Strategi distribusi yang dilakukan melalui perantara supplier yang telah memiliki koneksi dengan perusahaan yang membutuhkan kunyit kering iris untuk produksinya. Strategi promosi yang diterapkan adalah memberi contoh kunyit kering iris pada target pasar. 2) Penjualan kunyit kering iris selama tahun 2020 hingga 2022 menunjukkan peningkatan. Jumlah pendapatan dari hasil penjualan kunyit kering iris tercatat tahun 2020 adalah 700 juta dengan volume penjualan 70 ton, tahun 2021 tercatat 903 juta dengan volume penjualan 86 ton dan peningkatan signifikan ditahun 2022 tercatat hasil penjualan 990 juta dengan volume penjualan 90 ton. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendapatan masyarakat setiap tahunnya meningkat dari hasil penjualan kunyit kering iris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Meily Emalia
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:33
Last Modified: 10 Jul 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25290

Actions (login required)

View Item View Item