Strategi Pemasaran Media Online Dalam Meningkatkan Penjualan Mesin Kopi Nor Coffee Roaster Di Kabupaten Jember

intan Puspitaningrum, Sinta Milarini (2023) Strategi Pemasaran Media Online Dalam Meningkatkan Penjualan Mesin Kopi Nor Coffee Roaster Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Sinta Milarini Intan Puspitaningrum _E20192127-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sinta Milarini Intan Puspitaningrum, M.F. Hidayatullah,S.H.I, M.S.I, 2023:
Strategi Pemasaran Media Online Dalam Meningkatkan Penjualan Mesin Kopi
Nor Coffee Roaster Di Kabupaten Jember.
Strategi pemasaran memegang peranan penting dalam keberhasilan suatu
usaha perusahaan pada umumnya dan dalam bidang pemasaran pada khususnya.
Strategi pemasaran harus mampu menyajikan gambaran yang jelas dan fokus
tentang operasi perusahaan, karena memanfaatkan semua peluang di beberapa
pasar sasaran.
Fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana strategi
pemasaran mesin kopi Nor Coffee Roaster di Kabupaten Jember ? 2. Apa saja
hambatan Nor Coffee Roaster dalam melakukan penjualan mesin kopi ?
3.Bagaimana peranan media online terhadap peningkatan penjualan mesin kopi
Nor Coffee Roaster?.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan Strategi Pemasaran Mesin Kopi Nor Coffee Roaster di
Kabupaten Jember. 2. Untuk mengetahui apa saja hambatan Nor Coffee Roaster
dalam melakukan penjualan mesin kopi. 3. Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan Peranan Media Online dalam meningkatkan Penjualan Mesin
Kopi di Nor Coffee Roaster.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Nor
Coffee Roaster ini 70% online dan 30% offline. Jika online menggunakan media
atau aplikasi Nor Coffee Indonesia yang sudah terdapat beberapa media sosial dan
e-commerce untuk offlinenya yakni dengan face to face atau promosi yang
dilakukan secara mulut ke mulut dengan konsumen. Dalam melakukan
pemasarannya Nor Coffee menggunakan bauran pemasaran 4P yakni Product
(produk), Place (tempat), Price (harga), Promotion (promosi). Perpaduan dari 4
macam hal itu merupakan senjata bagi pengusaha dalam memasarkan produknya
atau dalam melayani konsumennya. 2. Hambatan dalam promosi dimana aplikasi
yang tiba-tiba down, hambatan dalam produksi yakni bahan produksi yang tibatiba habis, listrik mati dan cuaca yang tidak mendukung sehingga menghambat
jalannya produksi. 3. Peranan media online seperti penjual kecil maupun besar
dapat menjalankan penjualan menggunakan media online ( e-marketing), Tidak
ada batasan dalam menjalankan pemasaran menggunakan media online (emarketing). Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dalam melakukan
promosi. Kegiatan promosi dan penjualan yang efektif dan efisien. Media online
membuat jangkauan penjualan semakin meluas dan dapat dikunjungi oleh
siapapun.
Kata kunci: Pemasaran, Bauran Pemasaran, Media Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Sinta milarini Intan puspitaningrum
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:22
Last Modified: 07 Jul 2023 02:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25358

Actions (login required)

View Item View Item