Ananlisis Potensi Komoditas Kopi Sebagai Upaya Penguatan Pasar Produk Perkebunan Yang Berintegrasi Dengan Sektor Pariwisata Kelurahan Gombengsari

Hasanah, Alfi (2023) Ananlisis Potensi Komoditas Kopi Sebagai Upaya Penguatan Pasar Produk Perkebunan Yang Berintegrasi Dengan Sektor Pariwisata Kelurahan Gombengsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
alfi hasanah E20182342.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfi Hasanah, 2023: Analisis Potensi Komoditas Kopi Sebagai Upaya Penguatan Pasar Produk Perkebunan Yang Berintegrasi Dengan Sektor Pariwisata Kelurahan Gombengsari Banyuwangi.

Komoditas kopi menjadi salah satu komoditas unggulan yang ada di Kelurahan gombengsari secara turun temurun. Seiring dengan tumbuhnya sektor pariwisata digunakan sebagai strategi pemasaran produk kopi Gombengsari yang efektif dengan mengusung konsep desa wisata kampung kopi Gombengsari. Dimana semakin banyak muncul UMKM sebagai pendukung pariwisata yang nantinya akan membantu petani untuk meningkatkan harga jual kopi sehingga kesejahteraan petani semakin meningkat.
Fokus penelitian yang ada di skripsi ini adalah (1) Bagaimana potensi komoditas kopi sebagai produk perkebunan di Kelurahan Gombengsari? (2) Bagaimana strategi pemasaran usahatani kopi terhadap upaya penguatan pasar produk perkebunan yang berintegritas dengan sektor pariwisata di Kelurahan Gombengsari?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menjelaskan potensi komoditas kopi sebagai produk perkebunan di Kelurahan Gombengsari. (2) untuk menjelaskan strategi pemasaran usahatani kopi terhadap upaya penguatan pasar produk perkebunan yang berintegritas dengan sektor pariwisata di Kelurahan Gombengsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Dengan potensi-potensi yang dimiliki komoditas kopi Gombengsari memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat Kelurahan Gombengsari baik dari segi Pertanian, peternakan maupun pariwisata. Dengan masuknya Sektor pariwisata di Kelurahan. (2) Strategi pemasaran yang digunakan di Kelurahan Gombengsari dibuat sesuai dengan kemampuan yang dapat dilakukan oleh semua pihak yang terlibat seperti Petani Kopi Gombengsari, Pelaku Usaha dan Kelompok sadar wisata Kelurahan Gombengsari. Elemen strategi pemasaran yang terdiri dari pemilihan pasar, perencanaan produk, penetapan harga, sistem distribusi, dan promosi memiliki faktor-faktor yang berbeda dalam setiap elemennya.

Kata Kunci: Potensi Komoditas, Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Alfi Hasanah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:58
Last Modified: 07 Jul 2023 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item