Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Guna Meningkatkan Minat Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pelayanan Banyuwangi

Ferdiansyah, Rizal (2023) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Guna Meningkatkan Minat Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pelayanan Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RIZAL REVISI SIDANG TERBARU ACC 4 juli (1).pdf

Download (19MB)

Abstract

Rizal Ferdiansyah, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I, 2023: Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Guna Meningkatkan Minat Nasabah PT. Pegadaian (Persero) CP Banyuwangi.

Setiap perusahaan dalam memasarkan produk tentu menggunakan strategi pemasaran, dengan tujuan agar bisa mencapai sasaran sesuai dengan yang diharapkan. Produk perusahaan tidak akan diketahui oleh konsumen apabila kegunaannya tidak diketahui, keunggulannya apa, bagaimana cara memperoleh produk dan berapa harganya. Disinilah strategi pemasaran berperan penting dalam hal tersebut, sehingga setiap perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk menarik masyarakat agar mau menggunakan produk yang dimiliki. Oleh karena itu, pemasaran produk tabungan emas guna meningkatkan minat nasabah dibahas dalam penelitian ini sebagaimana tujuan dalam rumusan masalah.
Fokus masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pemasaran tabungan emas pada PT. Pegadaian (persero) cabang pelayanan Kabupaten Banyuwangi?. Sedangkan untuk tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih dalam bagaimana strategi pemasaran tabungan emas PT. Pegadaian (persero) cabang pelayanan Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian dengam melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat deduktif. Sementara untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian tersebut yaitu Strategi pemasaran produk tabungan emas di PT. Pegadaian (Persero) cabang pelayanan Banyuwangi yaitu dengan cara menerapkan strategi bauran pemasaran 7P yaitu strategi produk (product), strategi harga (price), strategi tempat (place), strategi promosi (promotion), people (orang), process (proses) dan physical evidence (tampilan fisik). Di samping hal itu, PT. Pegadaian (Persero) cabang pelayanan Banyuwangi juga mempromosikan baik itu secara cetak maupun elektronik untuk melakukan promosi produk-produk yang dimiliki.

Kata Kunci: Strategi, pemasaran, tabungan emas, Minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Rizal Ferdiansyah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:36
Last Modified: 11 Jul 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25652

Actions (login required)

View Item View Item