Analisis Model Komunikasi Pemasaran Petani Jeruk di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

Hidayat, Achmad Firman (2023) Analisis Model Komunikasi Pemasaran Petani Jeruk di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
watermark firman.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada praktik penjualan hasil panen oleh petani juga tak luput dalam penggunaan komunikasi pemasaran. Sebab di dalamnya terjadi proses pertukaran, dan komunikasi memegang peran penting di dalamnya mulai dari tingkat dasar sebagai pengenal sampai tingkat yang tinggi sebagai sarana penghantar pertukaran itu sendiri.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Model Komunikasi Pemasaran yang di gunakan petani jeruk di Desa Temurejo?. (2) Bagaimana analisis model komunikasi pemasaran yang di gunakan petani jeruk di Desa Temurejo?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui model komunikasi pemasaran yang di gunakan petani jeruk di Desa Temurejo. (2) Untuk mendeskripsikan model komunikasi pemasaran yang di gunakan petani jeruk di Desa Temurejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Model komunikasi pemasaran yang digunakan oleh petani jeruk di Desa Temurejo adalah menggunakan model proses komunikasi makro dan mikro. Kedua model tersebut membantu dalam memahami komponen dasar komunikasi efektif. (2) Model makro proses komunikasi petani jeruk di Desa Temurejo, petani jeruk menjadi source atau pengirim pesan, petani kemudian menyandikan pesannya menggunakan pemasaran langsung, promosi penjualan, dan penjualan personal. Selanjutnya petani memilih saluran pengiriman pesannya yaitu menggunakan media elektronik berupa Handphone dan media sosial berupa facebook dan whatsapp. Proses selanjutnya adalah pesan diterima oleh penerima kemudian diartikan sampai menimbulkan respon dan umpan balik. Model mikro respons konsumen adalah model komunikasi yang berkonsentrasi pada respon spesifik konsumen terhadap komunikasi. Model yang menjelaskan proses komunikasi pemasaran petani jeruk Desa Temurejo dari tahap pengenalan produk kepada konsumen sampai tahap pembelian oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Achmad firman Hidayat
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:34
Last Modified: 11 Jul 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25981

Actions (login required)

View Item View Item