Implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di desa karangharjo kecamatan silo

Bariroh, Zain Millatil (2023) Implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di desa karangharjo kecamatan silo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAIN MILLATIL BARIROH (ES, E20162101).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Zain Millatil Bariroh, M.F Hidayatullah, 2021: Implementasi Model Bisnis Canvas Dalam Home Industri Kreatif Kerajinan Krey Di Desa Karangharjo Kecamatan Silo
Home Industri adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut, Salah satu konsep model bisnis yang sederhana adalah model yang dikembangkan oleh Osterwalder dan Yves Pigneur yaitu model bisnis canvas. Penelitian yang dilakukan oleh Faisal Mardiansa yang menjelaskan bahwa model bisnis canvas sebagai alternatif strategi pengembangan bisnis. Penelitian Siti Susana juga menjelaskan tentang sembilan blok yang sudah diterapkan pada UMKM akan tetapi perlu juga adanya peningkatan mutu pada beberapa blok karena pada elemen tersebut ada beberapa kelemahan-kelemahan yang dapat menjadi celah yang menghambat kemajuan perusahaan.
Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo ? 2) Apa saja faktor pendukung implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo? 3) Apa saja faktor penghambat implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung implementasi model bisnis canvas dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo Kecamatan Silo.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah; Implementasi model bisnis canvas yang diterapkan pada home industri kreatif kerajinan krey di Desa Karangharjo sudah berjalan dengan baik dari kesembilan blok. Faktor pendukungnya adalah kerjasama dengan masyarakat sekitar dan pelanggan. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu, material dan cuaca yang kadang kala tidak optimal.
Kata kunci: Model Bisnis Canvas, Home industri Dan Kerajinan Krey

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Zain Millatil Bariroh
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:20
Last Modified: 11 Jul 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26122

Actions (login required)

View Item View Item