STRATEGI PEMASARAN USAHA TAHU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA BELIMBING KECAMATAN BESUKI

Ulfiyatun Hasanah, Ulfi (2023) STRATEGI PEMASARAN USAHA TAHU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA BELIMBING KECAMATAN BESUKI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFI SKRIPSI FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulfiyatun Hasanah, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M, Si. 2023:
Strategi Usaha Tahu dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa
Belimbing Mandar Kecamatan Mlandingan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, (marketing mix), Pendapatan.
Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan
menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang
akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan.
Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah serangkaan tujuan dan sasaran,
kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran
perusahaan dari waktu ke waktu, pada masing-masing tanggapan perusahaan.
Adapun fokus penelitian dari skripsi ini adalah membahas tentang : 1)
Bagaimana strategi pemasaran usaha tahu dalam meningkatkan pendapatan
masyarakat di desa Belimbing? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam pemasaran usaha tahu di desa Belimbing?
Untuk tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana
strategi pemasaran usaha tahu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di
desa Belimbing. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat
dalam pemasaran usaha tahu di desa Belimbing.
Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Adapun keabsahan data di sini menggunakan
tringulasi sumber .
Hasil dari penelitian ini 1) Strategi pemasaran usaha tahu dalam
meningkatkan pendapatan masyarakat menggunakan bauran pemasaran 4p
(marketing mix) yang terdiri dari: a) Strategi produk yaitu para penjual tahu yang
ada di desa Belimbing mengutamakan produk yang berkualitas agar konsumen
tetap percaya pada pabrik. b) Strategi harga yaitu untuk harga sendiri para
pengusaha tahu yang ada di desa Belimbing mematok harga 19.000 perkotak
semua pabrik tahu yang ada di sana mamatok harga yang sama. c) Strategi tempat,
untuk tempat pemasaran produk yaitu pada pasar-pasar dan pedagang keliling,
untuk olahan pembuatan tahu terletak di samping rumah mereka masing-masing
yang dibuat pabrik. d) Strategi promosi, untuk promosinya usaha tahu yang ada di
desa Belimbing dari mulut ke mulut, whatsap, instagram, tiktok dan menggunakan
spanduk. 2) Faktor penghambat dan pendukung strategi pemasaran. untuk faktor
penghambat dalam strategi pemasaran yaitu terletak pada faktor harga, jika harga
bahan kedelai naik maka para penjual tahu harus menipiskan ukuran tahu. Untuk
faktor pendukung ini terletak pada 2 faktor a) Faktor produk, membuat produk
yang berkualitas tentu membuat konsumen tetap percaya pada pabrik. b) Faktor
tempat, untuk tempatnya pengolahan tahu terletak di rumah sendiri sehingga tidak
perlu menyewa dan mengeluarkan uang sewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149902 Ecological Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Ulfiyatun Hasanah Ulfiyatun Hasanah
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:48
Last Modified: 13 Jul 2023 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27081

Actions (login required)

View Item View Item