Hidayatullah, M.F. and IRAWAN, Bambang and Sudaryanto, Sudaryanto and ROZIQ, Ahmad (2023) Formulation Of Sharia Marketing Strategy In Bank Syariah Indonesia. QUALITY Access to Success, 24 (196). pp. 280-284. ISSN 1582-2559
Text
M.F. Hidayatullah Formulation Of Sharia Marketing Strategy In Bank Syariah Indonesia.pdf Download (192kB) |
Abstract
Potensi perbankan syariah di Indonesia sangat besar karena 87% penduduk Indonesia beragama Islam. Namun hingga saat ini market share perbankan syariah hanya 6,52%. Penelitian ini memaparkan strategi pemasaran Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI berhasil meningkatkan jumlah nasabahnya hingga mencapai 35% meski bank syariah lainnya rerata hanya mencapai 12%/tahun. Mengetahui strategi pemasaran BSI, serta formulasi apa yang dapat disusun dari strategi pemasaran tersebut menjadi penting. Peneliti mendapatkan hasil bahwa BSI melakukan strategi pemasaran 7P, Compassionate marketing dan Islamic Leader. Islamic Leader dilakukan dengan menjalankan silaturrahim pada tokoh agama Islam setempat. Dengan strategi 7P + C +IL ((product) produk, (price) harga, (promotion) promosi, (place) distribusi, (People) orang, (Processes) proses, (physical evidence) + compassionate marketing + Islamic Leader) inilah BSI dapat meningkatkan nasabahnya dengan cepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr M.F. Hidayatullah |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 06:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:54 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28475 |
Actions (login required)
View Item |