Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Pasar Maron Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Mufida, Fida (2023) Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Pasar Maron Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUFIDA_E20192324.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mufida, Dr. Hj. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos.,M.SI, 2023: Strategi Pedagang Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Pasar Maron Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo

Kata kunci: Pedagang, Pasar Tradisional, strategi pemasaran dan kepuasan konsumen

Pasar tradisional adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli yang ditandai dengan adanya jual beli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Pasar tradisional biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran seperti yang ada di pasar tradisional Maron Kabupaten Probolinggo. Pasar Maron merupakan salah satu pasar terbesar yang ada di Kabupaten Probolinggo yang memiliki pedagang dan kios terbanyak dibandingkan pasar tradisional lainnya. Dilihat dari banyaknya pasar tradisonal di Kabupaten Probolinggo maka pedagang pasar tradisional Maron harus mampu meningkatkan kepuasan konsumen yang berbelanja di pasar tersebut.
Berdasarkan fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsuemn?. (2) Apa saja kendala pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen?.
Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk menganalisis strategi yang dilakukan pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen (2) Untuk menganalisis kendala pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Strategi pedagang yaitu produk yang dijual berkualitas baik dengan harga yang murah, memberikan pelayanan yang ramah dan selalu memeperbaiki apa yang menjadi kritikan dengan mengikuti apa yang diinginkan konsumen. Sehingga konsumen memperoleh kepuasan dalam membeli dagangan yang dijual oleh pedagang. (2) Kendala pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan kepuasan konsumen di Pasar Maron Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo yaitu jika ada barang yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli atau barang memiliki kerusakan maka hal tersebut dapat menjadi kendala bagi pedagang dalam meningkatkan kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fida Mufida
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:33
Last Modified: 23 Oct 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28855

Actions (login required)

View Item View Item