peran layanan metode pick up service terhadap kepuasan nasabah di bmt ugt nusantara cabang wirolegi kabupaten jember

fauzan, muhammad (2023) peran layanan metode pick up service terhadap kepuasan nasabah di bmt ugt nusantara cabang wirolegi kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FAUZAN _E20191211.pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Fauzan, 2023: Peran layanan pick up service terhadap kepuasan
nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi Kabupaten
Jember, skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Islam, Universitas Islam Negeri Jember.
Kata kunci: layanan pick up service, kepuasan nasabah, BMT UGT Nusantara
Cabang Wirolegi Kabupaten Jember
BMT UGT Nusantara merupakan lembaga keuangan mikro syariah
(LKMS) yang berkembang di kalangan masyarakat menengah ke bawah hingga
menengah keatas. Layanan BMT UGT Nusantara biasa diakses oleh masyarakat
kecil yang membutuhkan dana untuk menjalankan suatu usaha. Salah satu layanan
BMT UGT Nusantara adalah pick up service. Layanan pick up service ini sangat
memperhatikan kepuasan nasabah, sebagaimana yang terjadi di BMT UGT
Nusantara Cabang Wirolegi.
Fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui suatu penerapan layanan pick
up service di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi, dan peran layanan metode
pick up service terhadap kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang
Wirolegi.
Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis peran layanan
metode pick up service terhadap kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara
Cabang Wirolegi, dan penerapan layanan metode pick up service terhadap
kepuasan nasabah di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang
bersifat analisis deskriptif dengan teknis analisis data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bahwasanya kualitas layanan pick up service yang
diterapkan di BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi sangat bagus dalam
memperhatikan nasabah, penerapanya juga sangat mempermudah nasabah, dan
secara hukum agama pelayanan pick up service ini boleh dilakukan. Sedangkan
peran pick up service terhadap kepuasan nasabah disebabkan karena adanya
kecepatan proses pelayanan pick up service, secara teknis memudahkan nasabah
dengan cara pihak BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi mendatangi rumah
nasabah, dan adanya beberapa manfaat layanan program yang ditawarkan. Maka
dari itu, mayoritas nasabah merasa puas terhadap adanya layanan pick up service
yang diterapkan oleh BMT UGT Nusantara Cabang Wirolegi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160505 Economic Development Policy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Fauzan
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:23
Last Modified: 01 Nov 2023 08:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29098

Actions (login required)

View Item View Item