Pemanfaatan E-commerce Untuk Meningkatkan Omzet Dalam Strategi Pemasaran Jambu dan Jeruk Di Desa Umbulsari Kabupaten Jember

Holisatul Janah, Intan Restiani (2023) Pemanfaatan E-commerce Untuk Meningkatkan Omzet Dalam Strategi Pemasaran Jambu dan Jeruk Di Desa Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN RESTIANI WATERMARK.pdf

Download (18MB)

Abstract

Intan Restiani Holisatul Janah, 2023: Pemanfaatan E-commerce Untuk Meningkatkan Omzet Dalam Strategi Pemasaran Jambu dan Jeruk Di Desa Umbulsari Kabupaten Jember.

Kata kunci: E-commerce, Strategi Pemasaran, Omzet

Perkembangan teknologi dan informasi di masa sekarang mayoritas menggunakan internet. Salah satu cara belanja melalui internet atau sering disebut e-commerce. Pemanfaaatan e-commerce juga bisa sebagai strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet jambu dan jeruk di Desa Umbulsari.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1.Bagaimana pemanfaatan e-commerce untuk strategi pemasaran jambu dan jeruk di desa umbulsari? 2. bagaimana implikasi penerapan e-commerce terhadap peningkatan omzet dalam strategi pemasaran jambu dan jeruk di desa Umbulsari?
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pemanfaatan e-commerce untuk strategi pemasaran jambu dan jeruk di Desa Umbulsari? 2. Untuk mengetahui implikasi penerapan e-commerce terhadap peningkatan omzet dalam strategi pemasaran jambu dan jeruk di desa Umbulsari Kabupaten Jember?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang menghasilkan data deskriptif menggunakan metode pengumpulan data yakni, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di Desa Umbulsari, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Tahap analisis data yakni; Pengumpulan data, Reduksi Data, dan Penarikan Kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi yang bertujuan ntuk menguji kredibilitas data dengan memeriksa data yang diperoleh melalui beberapa sumber yang berbeda.
Hasil penelitian dapat kesimpulan adalah 1. Pemanfaatan e-commerce di Desa Umbulsari berpotensi meningkatkan penjualan dan omzet jambu serta jeruk. Meskipun memerlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman teknologi dan mengatasi kekhawatiran terkait keamanan transaksi, e-commerce tetap menjadi alternatif yang menjanjikan dalam mengatasi tantangan pemasaran di era digital. 2. Strategi pemasaran dengan menerapkan e-commerce memberikan dampak positif, memungkinkan petani mencapai pasar yang lebih luas, menyesuaikan harga secara fleksibel, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi penjualan. Meskipun ada biaya tambahan, manfaatnya dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan bisnis pertanian di Desa Umbulsari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Intan Restiani Holisatul Janah
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:18
Last Modified: 04 Dec 2023 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/29961

Actions (login required)

View Item View Item