Arifin, Muchammad Zainal (2023) ANALISIS STRATEGI PEDAGANG KAKI LIMA DI LINGKUNGAN UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Much. Zainal Arifin _E20192306.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup karena sulitnya lapangan pekerjaan yang tersedia bagi anggota masyarakat yang berpendidikan rendah dengan pengalaman serta keterampilan yang sangat terbatas. Namun pada era globalisasi sekarang ini untuk mendirikan sebuah usaha sangatlah tidak mudah, setiap pendiri usaha harus berlomba-lomba dalam memikirkan strategi apa yang digunakan untuk menarik minat pengunjung dan mempertahankan minat pengunjung agar tidak berpaling ke tempat lainnya. Seorang pedagang harus mengetahui bagaimana agar usahanya itu berkembang dan sukses sesuai dengan tujuan yang diinginkannya. Salah satunya adalah dengan memahami strategi, pengelolaan yang cocok untuk usaha tersebut.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan pedagang kaki lima di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam meningkatkan ekonomi keluarga? 2) Apa saja masalah yang dihadapi oleh pedagang kaki lima di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam meningkatkan ekonomi keluarga?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan pedagang kaki lima di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam meningkatkan ekonomi keluarga. 2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh pedagang kaki lima di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam meningkatkan ekonomi keluarga.
Untuk mengidentifikasi permasalahan diatas, penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Strategi pedagang kaki lima dalam meningkatkan ekonomi keluarga di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, yaitu dengan menjaga kualitas produk, melakukan penetapan harga, melakukan promosi, memilih lokasi yang strategis, dan memberikan pelayanan yang baik. 2) Kendala yang dihadapi oleh pedagang kaki lima di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dalam meningkatkan ekonomi keluarga, yaitu penentuan lokasi usaha, modal usaha yang dibutuhkan, dan faktor alam yang dalam penelitian ini adalah musim
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Depositing User: | Mr Much. Zainal Arifin |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:33 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30300 |
Actions (login required)
View Item |