Implementasi Strategi Marketing Mix Pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember

Sari, Erlinda (2023) Implementasi Strategi Marketing Mix Pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERLINDA SARI E20192386.pdf

Download (2MB)

Abstract

Erlinda Sari, Nur Ika Mauliyah, 2023: Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Pada Konsumen Oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pemasaran Jasa, Marketing Mix.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini memberi keuntungan tersendiri kepada pelaku bisnis, namun juga menuntut para pebisnis untuk selalu melakukan inovasi dan kreativitas guna menunjang kebutuhan dan selera konsumen. Layanan jasa PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) cabang Jember terus maju mewujudkan impian perusahaan untuk mempertahankan profitabilitasnya dengan terus meningkatkan strategi pemasaran, seperti menyediakan berbagai macam layanan agar konsumen dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhan ataupun membuka keagenan disetiap kecamatan guna mempermudah konsumen melakukan pengiriman barang.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang ditetapkan oleh PT JNE cabang Jember Terhadap konsumen?. 2) Bagaimana dampak implementasi pemasaran di PT JNE terhadap penjualan jasa?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang ditetapkan oleh PT JNE cabang Jember untuk meningkatkan penjualan jasa terhadap konsumen serta untuk mengetahui dampak implementasi pemasaran di PT JNE terhadap penjualan jasa.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif serta jenis pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:1) srategi pemasaran yang tetapkan yaitu dengan menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) seperti membuka outlet di alun-alun Jember, di Gor saat ada event tertentu serta aktif di sosial media. 2) dampak implementasi pemasaran terhadap penjualan jasa selain meningkatkan penjualan jasa JNE semakin dikenal oleh masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat serta JNE mampu bertahan di lingkungan bisnis pengiriman barang ditengah maraknya ekspedisi baru yang bermunculan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Erlinda Sari
Date Deposited: 22 Dec 2023 09:08
Last Modified: 22 Dec 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30833

Actions (login required)

View Item View Item