Analisis strategi pemasaran produk dengan menggunakan Transactional Marketing dalam mencapai target pemasaran di BSI KCP Gajah Mada Jember

Yudinnestira, Maira Septian (2024) Analisis strategi pemasaran produk dengan menggunakan Transactional Marketing dalam mencapai target pemasaran di BSI KCP Gajah Mada Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-094-PS-2024)
maira Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Salah satunya strategi pemasaran transactional marketing yang mana strategi tersebut merupakan salah satu strategi yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan sales yang dimiliki oleh suatu peusahaan di era modern ini. Transactional marketing sendiri merupakan metode konvensional dan sangat mengejar penjualan besar, menciptakan banyak ritel, konsepnya lebih berorientasi dan sangat cocok digunakan dengan kondisi karyawan yang sedang mengalami penurunan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka fokus penelitian yang terdapat dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi marketing di BSI KCP Gajah Mada Jember? 2) Apa faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dengan menggunakan Transactional Marketing pada BSI KCP Gajah Mada Jember dalam mencapai target? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi marketing pada BSI KCP Gajah Mada Jember. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran dengan menggunakan Transactional Marketing dalam mencapai target di BSI KCP Gajah Mada Jember. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dari Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran dengan menggunakan Transactional Marketing dengan 4 komponen bauran marketing mix (product, price, plice dan promotion) pada Bank Syariah Indonesia hanya diterapkan pada produk tabungan yang menggunakan akad mudharabah. Produk – produk tersebut diantaranya yaitu produk Tabungan Haji Indonesia, Tabungan Bisnis, Tabungan Junior, Tabungan Berencana, Tabungan Pendidikan dan Tabungan Easy Mudharabah. Dari keenam produk tersebut yang mencapai target pemasaran yaitu produk Tabungan Easy Mudharabah, karena produk tersebut memiliki banyak program yang membuat para nasabah tertari dan tergiur untuk menanbung. Dan dalam produk Tabungan Easy Mudharabah memiliki berbagai macam program diantaranya ada Edu Ekstra, Maxi, Rejeki Berkah dan Pesta Hadiah. Dari program tersebut sudah ada ketentuannya sendiri dari pihak Bank Syariah Indonesia.
kata kunci: Strategi pemasaran, Transactional Marketing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Maira Septian Yudinnestira
Date Deposited: 07 May 2024 07:37
Last Modified: 10 Jul 2024 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32526

Actions (login required)

View Item View Item