Analisis Marketing 5.0 Mobile Banking dalam Mewujudkan Ekosistem Cashless Society (Studi Kasus Bank X)

Aini, Lynda Qurotul (2024) Analisis Marketing 5.0 Mobile Banking dalam Mewujudkan Ekosistem Cashless Society (Studi Kasus Bank X). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
linda bank x (1)-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lynda Qurotul Aini, Rini Puji Astuti, 2024: “Analisis Marketing 5.0 Mobile banking dalam Mewujudkan Ekosistem Cashless society (Studi Kasus Bank X)”.
Kata Kunci : Marketing 5.0, Mobile banking, dan Cashless society
Perkembangan arah industri di era digital saat ini mendorong perusahaan perbankan untuk saling bersaing dalam membentuk strategi pemasaran terbaik untuk menarik minat nasabahnya. Mobile banking sebagai aplikasi layanan perbankan terbukti memberikan efektifitas transaksi perbankan sekaligus mendorong transformasi digital sistem pembayaran di Indonesia.
Fokus penelitian yang digunakan pada penelitian skripsi ini diantaranya: 1) Bagaimana analisis marketing 5.0 mobile banking dalam mewujudkan ekosistem cashless society di Jember?. 2) Bagaimana peran marketing 5.0 dalam mewujudkan ekosistem cashless society di Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis marketing 5.0 yang diterapkan oleh Bank X melalui aplikasi mobile banking dalam mendukung terciptanya ekosistem cashless society. 2) untuk mengetahui peran marketing 5.0 dalam mewujudkan ekosistem cashless society di Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Lokasi penelitian bertempat di Bank X. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Bank X menerapkan marketing 5.0 yang diterapkan dengan berbagai strategi diantaranya program member get member melalui QR referral code, marketing melalui media sosial, personalisasi promo di Mobile banking bagi nasabah, promo special edition, penggunaan teknologi AI dan data analysis. Selain itu Bank X masih menerapkan marketing konvensional untuk menjangkau seluruh segmen nasabah. 2) Penggunaan marketing 5.0 memberikan dampak positif bagi perusahaan berupa optimalisasi keuntungan, efisiensi biaya operasional, peningkatan layanan konsumen, pembentukan keputusan strategis perusahaan, dan minimalisir risiko perbankan. sebagai upaya mendukung terciptanya ekosistem cashless society di masyarakat Bank X menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung transaksi cashless diantaranya yaitu QRIS, Linkage e-wallet, transfer bank secara real time, dan berbagai macam pembayaran dan virtual account. Adanya penggunaan marketing 5.0 ini selanjutnya berdampak pada peningkatan jumlah nasabah Bank X, peningkatan penggunaan Mobile banking, peningkatan merchant dan transaksi digital melalui QRIS di area Jember, serta pertumbuhan nilai ETPD kabupaten Jember. sehingga peningkatan pengguna Mobile banking dan transaksi digital ini selanjutnya menjadi langkah awal terwujudnya ekosistem cashless society di Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Depositing User: Aini Lynda Qurotul
Date Deposited: 08 May 2024 08:02
Last Modified: 08 May 2024 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32542

Actions (login required)

View Item View Item