ANALISIS EFISIENSI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PRODUK UMKM BUKET (STUDI KASUS PADA BOUQUET FANA JEMBER)

Sholihah, Mega Mar'atus (2024) ANALISIS EFISIENSI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PRODUK UMKM BUKET (STUDI KASUS PADA BOUQUET FANA JEMBER). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-036-ES-2024)
Mega Mar’atus Sholihah_E20192021..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Efisiensi, Strategi Pemasaran, Daya Saing, Buket
Bagi perusahaan dengan daya saing dan efisiensi produk yang tinggi,
liberalisasi perdagangan merupakan peluang besar untuk memenangkan
persaingan di seluruh dunia, sebaliknya bagi perusahaan dengan daya saing dan
efisiensi produk yang rendah merupakan ancaman bagi kelangsungan usaha.
Strategi pemasaran adalah cara untuk mencapai keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan dalam produksi barang dan jasa.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana efisiensi
strategi pemasaran yang ditetapkan Bouquet Fana dalam upaya meningkatkan
daya saing pada produknya?, 2. Apa saja kendala yang dihadapi Bouquet Fana
dalam menerapkan strategi pemasaran yang digunakan?.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana
efisiensi strategi pemasaran yang diterapkan Bouquet Fana dalam upaya
meningkatkan daya saing pada produknya, 2. Untuk mengetahui apa saja kendala
yang dihadapi Bouquet Fana dalam menerapkan strategi pemasaran yang
digunakan.
Untuk mengidentifikasi masalah peneliti menggunakan pendekatan dan
jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di Jl. Jumat, Karang
Miuwo Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember (Bouquet Fana),
dengan subyek penelitiannya yaitu owner Bouquet Fana dan beberapa konsumen
Bouquet Fana. Untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan analisis data peneliti melakukan pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan, yang mana keabsahan
datanya menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1. Dari empat bauran pemasaran yang
digunakan oleh Bouquet Fana, dapat dikatakan semua bauran efisien dalam
meningkatkan penjualan, pendapatan dan daya saing pada produknya, 2. Kendala
yang dihadapi dalam penerapan strategi pemasaran terletak pada bagian produk
yang terkait kelangkaan bahan baku atau kurangnya isian buket, serta terkait
pesaing yang semakin banyak dan banting harga pada saat ada event.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nn. Mega Mar'atus Sholihah
Date Deposited: 15 May 2024 06:57
Last Modified: 10 Jul 2024 06:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32665

Actions (login required)

View Item View Item