STRATEGI PRODUK MINUMAN HERBAL WASIAH MENGKUDU SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRI KECIL MENENGAH (UMKM) di DESA SEBAUNG KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

Al Karima Andriyani, Diana (2024) STRATEGI PRODUK MINUMAN HERBAL WASIAH MENGKUDU SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRI KECIL MENENGAH (UMKM) di DESA SEBAUNG KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-122-ES-2024)
SKRIPSI DIANA 201105020032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Diana Alkarima Andriyani, Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, S.E.M.Si,CHRA 2024:
Strategi Produk Minuman Herbal Wasiah Mengkudu sebagai Obat Tradisional
dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Sebaung,
Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo
Kata Kunci: Strategi Produk, Pengembangan Usaha

Ketatnya persaingan pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku UMKM. Mereka dituntut untuk
berpikir kreatif baik kreatif dalam produk ataupun dalam pemasarannya guna
memenangkan persaingan pasar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses produksi
minuman herbal yang dilakukan kelompok wasiah mengkudu di desa sebaung
kecamatan gending kabupaten probolinggo ? 2) Bagaimana strategi
pengembangan produk yang dilakukan dalam meningkatkan produksi minuman
herbal di desa sebaung kecamatan gending kabupaten probolinggo? 3) Bagaimana
strategi pengembangan produk yang dilakukan dalam meningkatkan
pengembangan UMKM herbal wasiah mengkudu di desa sebaung kecamatan
gending kabupaten probolinggo.
Tujuan penelitian ini yaitu melakukan strategi pengembangan produk
yang dilakukan dalam meningkatkan pengembangan UMKM herbal wasiah
mengkudu di desa sebaung kecamatan gending kabupaten probolinggo.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis
deskriptif. Pnentuan subjek penelitian dipilih secara Purposive. Menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentas dalam mengumpulkan informasi.
Informasi yang diperoleh di analisis data dengan metode Interaktis Miles,
Humberman dan Saldana yaitu dengan 4 langkah. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber Untuk menguji keabsahan informasi yang
diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasahnya pengembangan produk di
usaha minuman herbal wasiah mengkudu sudah sesuai dengan konsep
pengembangan produk, akan tetapi ada beberpa hal yang perlu jadi perhatian bagi
pihak usaha minuman herbal wasiah mengkudu dalam pengelolaan kedepannya.
Manfaat pengembangan produk bagi UMKM wasiah mengkudu cenderung
memberikan manfaat positif terhadap pengembangan UMKM dan perubahan yang
lebih baik, ekonomi, kesehatan masyarakat di desa sebaung kecamatan gending
kabupaten probolinggo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diana Alkarima
Date Deposited: 20 May 2024 02:13
Last Modified: 10 Jul 2024 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32690

Actions (login required)

View Item View Item