Strategi Pemasaran Industri Mebel Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UD. Bintang Terang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali

Ardiyansah, Irfan (2024) Strategi Pemasaran Industri Mebel Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UD. Bintang Terang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irfan Ardiyansah (E20192008).pdf

Download (18MB)

Abstract

Kata Kunci : Industri Mebel, Strategi Pemasaran
Perkembangan industri mebel di Indonesia mengalami peningkatan yang
signifikan dalam beberapa tahun kemarin. Terbukti dengan pemintaan semakin
meningkat terhadap produk mebel, baik permintaan pasar dalam negeri maupun
pasar internasional, oleh karena itu dengan melakukan Strategi pemasaran yang
tepat akan membantu perusahaan mebel menjangkau pasar yang potensial,
meningkatkan penjualan produk, serta meningkatkan hubungan loyalitas terhadap
pelanggan. UD. Bintang Terang merupakan salah satu industri mebel kecil
menengah yang ada di Jembrana. Dengan produk yang ditawarkan seperti lemari,
pintu, dll dengan menggunakan bahan kayu jati perhutani yang sudah terkenal
dengan kualitasnya yang tahan terhadap hama. Dengan menekankan kualitas
produk, pelayanan dan harga yang seminimal mungkin agar konsumen merasa
puas. Dengan begitu konsumen akan menjadi informasi yang efektif bagi
pengusaha dan mampu menaikan penjualan bagi mebel.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti pada skripsi ini yaitu : 1)
Bagaimana Strategi Pemasaran industri mebel dalam meningkatkan pendapatan
pada UD. Bintang Terang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten
Jembrana, Bali?, 2) Bagaimana tantangan dan hambatan pemasaran industri mebel
pada UD. Bintang Trang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten
Jembrana, Bali?
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu, 1) Untuk mendeskripsikan
strategi pemasaran industri mebel dalam meningkatkan pendapatan pada UD.
Bintang Terang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
2) Untuk mendeskripsikan tantangan dan hambatan pemasaran industri mebel
pada UD. Bintang Terang di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten
Jembrana, Bali
Untuk meneliti dan mengolah data pada penelitian ini peneliti
menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yang bersifat
deskriptif. Dengan tujuan untuk menggambarkan dengan lengkap atau
menjabarkan suatu objek penelitian berdasarkan karakteristik yang dimiliki.
Dengan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, 1) Penerapan strategi pemasaran
yang dilakukan oleh UD. Bintang Terang diimplementasikan dengan baik. 2)
Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan UD. Bintang Terang sudah
dilakukan dengan baik akan tetapi masih terdapat tantangan dan hambatan dalam
penarapan strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Irfan Ardiyansah
Date Deposited: 20 May 2024 06:49
Last Modified: 20 May 2024 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32716

Actions (login required)

View Item View Item