Implementasi bauran pemasaran BUCHARI ALMA dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cermee Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024

Fathani, Sahrizal (2024) Implementasi bauran pemasaran BUCHARI ALMA dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cermee Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-048-MPI-2024)
Sahrizal fathani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Sahrizal Fathani, 2024. Implementasi Bauran Pemasaran Buchari Alma dalam
Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cermee
Bondowoso Tahun Ajaran 2023/2024
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Jumlah Peserta Didik, Meningkatkan Jumlah Peserta
Didik
Bauran pemasaran merupakan pencampuran/penggabungan unsur-unsur pemasaran
dari suatu organisasi agar tercipta strategi yang tepat untuk mengimplementasikan strategi
pemasaran. Bauran pemasaran merupakan alat bagi pemasar yang terdiri dari berbagai
unsur suatu program pemasaran yang perlu untuk dipertimbangkan agar implementasi
strategi pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan dengan sukses. Di dalam
bauran pemasaran ada 4 yaitu: Produk, Harga, Tempat, dan Promosi.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan produk
pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah
Cermee Bondowoso tahun ajaran 2023/2024? 2) Bagaimana penerapan harga pemasaran
dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cermee
Bondowoso tahun ajaran 2023/2024? 3) Bagaimana penerapan tempat pemasaran dalam
meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cermee
Bondowoso tahun ajaran 2023/2024? 4) Bagaimana penerapan promosi pemasaran dalam
meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Falah Cerme Bondowoso
tahun ajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
bersifat yuridis empiris, dengan menggunakan dua metode pendekatan yaitu pendekatan
perundang-undangan dan pendekatan kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah :
1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangukasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Penerapan produk pemasaran jasa
pendidikan, berupa program-program, yaitu adanya pembiasan Sholat Dhuha, mengaji AlQur’an, pembacaan sholawat badar, dan hafalan aqaid khomsin. Untuk program
ekstrakurikuler ada 2 : ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. MI Darul Falah
akan melaunching program baru dengan mendirikan kelas Tahfidz. 2) Penerapan harga
pemasaran jasa pendidikan, MI Darul Falah melihat perekonomian masyarakat sekitar dan
meminta persetujuan kepada pengguna jasa pendidikan di MI Darul Falah melalui rapat
terbuka. Untuk kebijakan patokan harga SPP tersebut menurut warga sekitar sangat
terjangkau. 3) MI Darul Falah lokasinya sudah sangat strategis. Lokasinya berada
dipinggir jalan raya tidak jauh dari kantor desa, serta suasananya sejuk karena berada di
pedesaan. 4) Penerapan promosi pemasaran jasa pendidikan, senjata paling ampuh yaitu
membuat siswa siswi MI Darul Falah berprestasi dan memperbaiki akhlak siswa siswinya.
Untuk memudahkan penerapan promosi pemasaran jasa pendidikan, MI Darul Falah
membuat pamflet yang nantinya dishare ke media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Sahrizal Fathani
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:30
Last Modified: 09 Jul 2024 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/35060

Actions (login required)

View Item View Item