Studi Komparasi Service Excellent Antara Pengguna Gojek dan Grab di Kota Jember

Firdausi, Zahrotul (2024) Studi Komparasi Service Excellent Antara Pengguna Gojek dan Grab di Kota Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-157-ES-2024)
ZAHROTUL FIRDAUSI_E20172148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya internet yang cepat menjadi peluang bisnis bagi pelaku bisnis yang menginginkan produk dan jasa agar dikenal oleh masyarakat secara luas, termasuk di negara Indonesia. Produk dan jasa yang terkena dampak intenet salah satunya adalah sistem bisnis transportasi. Tingginya minat konsumen terhadap ojek online membuat perusahaan transportasi online bersaing untuk menghasilkan layanan yang terbaik. Pelayanan prima yang mana merupakan terjemahan dari istilah Excellent Service yang secara harfiah berarti pelayanan yang sangat baik atau pelayanan yang terbaik. Disebut sangat baik atau terbaik dikarenakan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki oleh instansi yang memberikan pelayanan dan juga memuaskan pelanggan.
Berdasarkan fokus masalah diatas maka dapat dirumuskan: (1) Apa persamaan service excellent antara pengguna aplikasi Gojek dan Grab di Kota Jember? (2) Apa perbedaan service excellent antara pengguna aplikasi Gojek dan Grab di Kota Jember?
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mengetahui persamaan service excellent antara pengguna aplikasi Gojek dan Grab di Kota Jember? (2) Untuk mengetahui perbedaan service excellent antara pengguna aplikasi Gojek dan Grab di Kota Jember?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verification.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persamaan service excellent antara pengguna aplikasi Gojek dan Grab terdapat sikap driver, penampilan driver, kemampuan driver, perhatian driver, tindakan dan tanggung jawab driver. (2) perbedaan service excellent antara penguna Gojek dan Grab terdapat pada waktu pengambilan pelanggan dan kualitas pelayanan yang tergantung pada masing-masing individu driver.
Kata kunci: ojek online, service excellent

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Zahrotul Firdausi
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:22
Last Modified: 18 Jul 2024 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36431

Actions (login required)

View Item View Item