Analisis strategi pemasaran jasa pengiriman barang pada perusahaan ekspedisi J&T Express Cabang Jember

Septianti, Tiyas (2024) Analisis strategi pemasaran jasa pengiriman barang pada perusahaan ekspedisi J&T Express Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK 209 ES 2024)
Tiyas Septianti_E20192434.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tiyas Septianti, Ahmad Fauzi, 2024 : Analisis Strategi Pemasaran Jasa
Pengiriman Barang Pada Perusahaan Ekspedisi J&T Express Cabang Jember.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran, Jasa Pengiriman
Perkembangan E-Commerce dan meningkatnya penggunaan smartphone
telah mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal berbelanja
secara daring (e-commerce). Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku bisnis,
terutama dalam sektor logistik. Jasa pengiriman barang menjadi sangat penting
dalam mendukung keberhasilan transaksi e-commerce, dengan fokus pada
ketepatan waktu pengiriman, keamanan barang, dan sistem transaksi yang
transparan. Perusahaan jasa pengiriman barang harus beradaptasi dengan
persaingan yang ketat dengan terus meningkatkan produk dan layanan agar tetap
relevan di pasar.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran yang
dilakukan oleh perusahaan J&T Express Cabang Jember? 2) Apa saja faktor
pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan
J&T Express Cabang Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui dan mendeskripsikan strategi
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan J&T Express Cabang Jember. 2)
Mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat
strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan J&T Express Cabang Jember.
Pendeketan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi untuk mendapatkan sumber informasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan strategi pemasaran J&T Express
Cabang Jember menggunakan bauran pemasaran 7P, yaitu: Produk: J&T
menawarkan tiga jenis layanan pengiriman, yaitu J&T Super (cepat), J&T EZ
(regular), dan J&T ECO (ekonomi). Harga: Penentuan harga berdasarkan berat,
jarak, serta jenis layanan dan fasilitas yang dipilih. Tempat: Memilih lokasi
strategis dan mudah dijangkau. Promosi: J&T menggunakan berbagai media
promosi seperti banner, neon box, brosur, media sosial, dan aplikasi untuk
menarik pelanggan. Orang: J&T merekrut karyawan melalui lowongan, interview,
dan pelatihan. Perusahaan juga memberikan briefing, evaluasi, serta reward untuk
menjaga kualitas karyawan. Proses: Ada dua proses utama: incoming (penerimaan
barang) dan outgoing (pengiriman barang), yang memastikan pengiriman berjalan
lancar. Bukti Fisik: Bukti fisik seperti gedung, tempat parkir, komputer, logo, dan
transportasi mendukung citra perusahaan. Dan memiliki hambatan pada promosi
yaitu persaingan harga antara pengirim lain dan promo-promo yang ditawarkan.
Serta faktor pendukung yaitu keunggulan produk dan lokasi yang strategis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Tiyas Septianti
Date Deposited: 06 Dec 2024 03:21
Last Modified: 06 Dec 2024 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37460

Actions (login required)

View Item View Item